Finding Nemo di Rumahku

Bismillah

Suatu senja, ketika aku pulang ke rumah. Letih, kusam, bau, pening, dan rasa penat tengah merayap di tubuhku. Belum lagi peluh yang membasahi pakaianku, ditambah percikan air hujan di wajahku benar-benar membuat kondisi memprihatinkan. Tahu-tahu ketika sampai di ruang makan, ada kotak ajaib yang seakan menghisap seluruh penderitaan hari itu dan kembali dihitung nol bahkan tergantikan dengan kebahagiaan. Walau hanya satu senti kebahagiaan. Kotak itu adalah akuarium!!
 
Aku segera menempelkan kedua telapak tanganku di dinding kaca akuarium yang disinari nyala biru dari lampu neon yang dipasang di atasnya. Subhanallah... Aku takjub dengan benda yang hanya berukuran 100 cm x 50 cm x 60 cm di hadapanku itu. 


Segera kuketuk pintu kamar orang tuaku, dan serta merta kepalaku menengok masuk seraya bertanya, "Bapak, kenapa ada akuarium di situ? Punya siapa?"
Bapakku tampak heran, "Akuarium yang mana? Tidak ada akuarium."
Mendengar itu aku segera kembali ke depan akuarium, menyentuhnya dan memastikan bahwa aku benar-benar tidak bermimpi dan ini bukan dunia maya atau semacamnya, ini dunia nyata. Akuarium itu nyata adanya. Yang benar saja masa hanya aku yang melihat akuarium itu.

Aku kembali bercakap dengan bapakku, "Ada, Bapak. Akuarium yang sangat cantik sekali di ruang makan."
Bapakku mengangkat bahu, "Oh, bukannya tadi Maya yang membawanya??"
Aku melongo. Sejak kapan aku membawa akuarium itu?!
Bapakku tertawa, "Akuarium magic"
Aku menautkan kedua alis dan tertawa kecil--meninggalkan bapakku yang senang sekali melihatku bingung--kembali ke depan akuarium yang menjadi pusat perhatianku itu. Benar-benar akuarium magic.


Nemo! Ada ikan nemo. Ya Allah.. cantik banget! 1..2..3.. ada 6 ikan badut. Terus ada yang mirip gill temennya nemo yang cool-leader fish itu loh. Ada juga yang hampir mirip dory si ikan pelupa berwarna biru itu. Lucuunya.. Selain itu ada juga patrick star.. Ada 2 bintang laut. Yang satu bersembunyi di bawah karang dan yang satu menempel di dinding akuarium. Benar-benar pemalas ternyata bintang laut. Ck. Ck. Ck. Kemudian ada ikan-ikan warna-warni lainnya yang aku tak tahu apa namanya. Selain ikan, ada juga jenis rumput laut dan terumbu karang yang merespon intensitas cahaya di sekitarnya. MasyaALLAH. Luar biasa sekali.

Setiap makhluk yang Allah Ta'ala ciptakan di dunia ini memang penuh dengan arti dan hikmah tersendiri.  Sampai-sampai rasa takjub itu tak hilang-hilang. Sebagai seorang muslimah, aku bertekad akan sangat menghargai alam sekitarku. Ya Allah, aku akan berhati-hati agar tidak lagi mencabut-cabut bunga di jalanan. Tidak lagi merusak dahan pohon dengan atau tanpa sengaja. Go Green...!!

Eh, tidak nyambung. Maunya kan bahas tentang Go Blue!! Tapi gak papa, kan sama aja. Semuanya adalah makhluk ciptaan Allah Ta'ala yang berhak menerima perlakuan yang pantas dari manusia. Ayo, sayangi alam sekitar.

Lovely...

2 comments:

  1. Bismillah..

    Mau donk may Nemonya..

    Brapaan sih biayanya punya aquarium?

    ReplyDelete
  2. Bismillah

    Kak rezky, hehehe... 1 paket dibeli sama akuariumnya kak. Skitaran 3,5jt. Kalau nemonya saja kita mau nanti saya kasi ki 1 ekor insyaALLAH. Hehehe :)

    Tapi Qadarullah... lagi kena ki penyakit gatal2 itu ikan nemo. Skrg lagi masa pengobatan.

    ReplyDelete