Penuhilah Doanya

Bismillah

Ya Allah Ya Rabb, Aku Memohon Kepadamu ~ Original picture was from here

Dari sahabat Anas bin Malik Radhiyallahu'anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam bersabda, bahwasanya malaikat Jibril 'alaihissallam kasihan melihat seseorang bolak-balik dalam doanya sehingga malaikat Jibril 'alaihissallam berkata kepada Allah Azza wa Jalla : "Wahai Allah, hamba-Mu si fulan sudah sekian lama berdoa tetapi belum juga Engkau kabulkan. Penuhilah segala keperluan (yang diminta)nya, wahai Allah". Allah Subhanahu wa Ta'ala pun menjawab : "(Sudah) Biarkan saja hamba-Ku (itu). Tundalah dulu permintaannya. Sungguh aku senang mendengar suaranya (saat sedang bermunajat kepada-Ku)".

Adapun ketika seorang hamba berdoa kepada Allah Subhanallahu wa Ta'ala sementara Allah Subhanahu wa Ta'ala membenci hamba tersebut, maka Allah Subhanahu Ta'ala berkata kepada malaikat Jibril 'alaihissallam : "Penuhilah hajat hamba-Ku ini dan segerakanlah. Sesungguhnya Aku amat benci mendengar suaranya!"


( HR. Imam Al Baihaqi )

70 comments:

  1. Ya Allah Astaghfirullah Subhanallah, memang tidak boleh asal meminta, akan beda ceritanya pengemis dengan panitia proposal dana, intinya sama2 meminta, tapi biasanya sumbangan proposal disertai dengan beberapa adab, meminta pada manusia saja ada akhlaknya apalagi meminta pada Allah, maka benarlah janji Allah, ud'uni astajib lakum, "setiap doa pasti akan dikabulkan", bermunasabah dengan ayat "ud'uu robbakum tadlarru'aw wa khufyah.." memohonlah kpd Tuhanmu dg rendah hati dan suara yg lembut pnh ksh... saya teringat dulu ustad saya pernah menerangkan begini, doa diijabahi dengan 3 cara:

    1. langsung dikabulkan sekaligus
    2. ditunda doanya sampai waktu yang tepat untuk dikabulkan (mungkin yg dimaksud adalah hadis pertama di atas)
    3. diganti dengan yang lebih baik dari pada yang diminta..

    semoga kita dihindarkan dari doa yang tidak didengar,

    ReplyDelete
  2. Astaghfirullah hal'adzim
    lalu untuk apa kita masih berprasangka buruk kepada Allah. . .
    believe Allah
    ada rahasia dibalik rahasia ^____^
    kelak kau akan mengetahuinya. . .

    ReplyDelete
  3. Saya percaya sekali dengan setiap berdoa kepada ALLAH akan selalu terkabulkan olehnya, walau tidak secara langsung namun pasti akan terwujud dikemudian hari. Maka berdoalah meminta kepada ALLAH dengan yang terbaik :)

    ReplyDelete
  4. Allah memang maha tahu, kita nya sebagai manusia yang kurang tau diri....

    ReplyDelete
  5. Eh emang Tuhan bisa benci sama hambanya? @_@

    ReplyDelete
  6. @Una

    ini yang juga masih aku cari-cari keshihan hadisnya, apa benar Allah membenci hambaNya.. Rahmat Allah itu luas meliputi hambaNya yang taat juga maksiat.. Allah memiliki sifat rahman dan rahim.. rahman adalah kasih sayang Allah untuk semesta alam tak erbatas bahkan untuk orang yang tidak taat sekalipun, sedangkan rahim kasih sayang yang khusus Dia persembahkan untuk hamba-hambaNya yang shalih..

    ReplyDelete
  7. ndk dijelasin derajat haditsx ya..? :)

    ReplyDelete
  8. berarti kalo blm dikabul permintaannya itu, bkn berarti Tuhan tdk mendengarkan ya, melainkan sebaliknya..
    makasih ya May,
    aku jd makin semangat utk trs berdoa, dan memohon padaNya.
    ^_^
    BTW, kamu lulusan pesantren ya May?

    ReplyDelete
  9. mantep,,,dalaem banget maknanya,,,,,,sukses ya,,

    ReplyDelete
  10. jaddiii, jangan lelah meminta. gitu y mb?
    =D

    ReplyDelete
  11. AStagfirulah ternyata begitu kalau ALLAH tidk suka kepada kita :((

    ReplyDelete
  12. aku sungguh percaya dengan kekuatan doa,aku sudah mengalaminya...dan,
    subhannalllah
    Allah benar2 Maha Penyayang dengan semua yang pernah aku pinta dengan tulus perlahan2 Allah mengabulkannya...
    i love Allah

    ReplyDelete
  13. saya tidak begitu tahu bagaimana status kes-sahih-an haditz ini,
    tapi saat membaca "Penuhilah hajat hamba-Ku ini dan segerakanlah. Sesungguhnya Aku amat benci mendengar suaranya!"..saya jadi bertanya-tanya..apakah ini yang dimaksud dengan DIAZAB DALAM NIKMAT...salam :-)

    ReplyDelete
  14. Semoga kita termasuk dalam golongan hamba yang pandai bersyukur... ;)

    ReplyDelete
  15. @Una mungkin benci disini didefinisikan seperti ayat ini. . .

    “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman [31]: 18)

    “Negeri akhirat itu, Kami jadikan untuk orang-orang yang tidak ingin menyombongkan diri dan berbuatkerusakan di (muka) bumi. dan kesudahan (yang baik) itu adalah bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. al-Qoshos [28]: 83)

    “Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi inidengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.” (QS. al-Isro’ [17]: 37)

    Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri (An-Nisaa' : 36).

    jadi mungkin maksudnya bukan membenci selamanya, Allah tetap akan menyayangi hamba2 yang taat kepadaNya, menerima segala taubat hambaNya, dan bahkan mengampuni dosa hambaNya.

    Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  16. aku sungguh percaya akan kasih sayang Allah terhadap hamba2Nya... dan aku sudah membuktikan bahwa doa-doa yang kita panjatkan hanya kepadaNya, akan dikabulkan walau memang butuh waktu. Allah Maha Tahu yang terbaik bagi hambaNya...

    It well proven on me. :-)

    Thanks for share May... Ibu Putri Cahaya yang suka main petak umpet! wkwkwkwk

    ReplyDelete
  17. wew, ini baru tahu saya, wah beruntung banget saya ini ya. #senyum2 malah saat bacanya.
    saya sih berbuat saja, penilaian tergantung Allah. terima kasih ya mba untuk tambahan ilmunya :)

    ReplyDelete
  18. masya Allah, banyak ahli tafsir dan ahli hadist disini! ckckck... mbak Hafidzoh jg ada! ane jadi minder, nyimak aja ahh...

    ReplyDelete
  19. mudah2an aja kita meminta & berdoa kepada beliau setiap saat ya,jangan pas ada mau'a aja tapi pas seneng lupa

    ReplyDelete
  20. *Jleg* <<-- tassakkokka'...
    Aduh, rasanya baru kemarin saya dengar tausyiah yang isinya ini. Saya kaget ada yang posting hari ini. Dengar di mana waktu itu ya?

    ReplyDelete
  21. Waduuuuh, do'a saya sering dikabulkan, apa saya termasuk yang dibenci? Semoga bukan. Na'udzubillaahi min dzaalik

    ReplyDelete
  22. di postingan tgl 31 sekarang ini (di blogku) ada posting renungan yg intinya hati-hati perkataan kita bisa jadi doa yg dikabulkan Allah

    ReplyDelete
  23. @Millati Indah ^____^ mungkin maksudnya itu dikhususkan untuk yang belum mabrur doanya supaya tidak berprasangka buruk kepada-Nya. . .
    nah apalagi yang sudah dikabulkan doanya. . .

    semoga kita tidak termasuk orang2 yang dibenci Allah, aamiin, InsyaAllah

    ReplyDelete
  24. Semoga permohonan dan doa yang selalu kita panjatkan segera mendapat jatah giliran untuk terkabulkann..

    ReplyDelete
  25. tapi apakah setiap do'a yang dikabulkan itu berarti kita tidak disayang olehNya?

    semoga tidak demikian ya... ^_^

    Salam kenal ya Maya, aku suka sekali artikel yg Maya ikutkan ke acara CINTA-nya Anis Zoothera,, :-D

    ReplyDelete
  26. Jadi berhusnudzonlah pada Allah ketika doa kita blum dikabulkannya :)

    ReplyDelete
  27. aku juga suka mba... filosofinya itu loh #AnakTeknik@Lyliana Thia

    ReplyDelete
  28. Hemmm aku yakin do'aku akan terkabulkan.

    ReplyDelete
  29. @Uswah Ya Allah Ya Rabb, Astaghfirullah...
    Semoga kita dihindari dari doa yang tidak didengar. Allah Maha Baik dan hanya menerima dari yang baik pula. Setuju mbak uswah, masyaAllah kita harus punya adab ketika meminta, tak lupa pula memerhatikan kondisi, tempat dan waktu ketika berdoa.

    Saya yakin semua doa akan dikabulkan insyaAllah, tidak selalu dengan iya tetapi selalu dengan yang terbaik.

    saling mengingatkan yaa mbak :)

    ReplyDelete
  30. @Kaito Kidd yakin, insyaAllah.
    Allah Ta'ala tak pernah mendzalimi hambaNya sedikit pun. Selalu ada hikmah di setiap kejadian yang tercipta.

    ReplyDelete
  31. @jiah al jafara Allah Maha Tahu segala yang terbaik untuk hambaNya :) masyaAllah

    ReplyDelete
  32. @Una ihhh unaaa caannntiiiikkk :x gemes aku lihat pertanyaanmu~

    coba deh pikir, kalau Allah Ta'ala membenci hambaNya, mengapa malah mengabulkan doa hamba tersebut? Subhanallah, Allahu Akbar! Dalam kondisi apapun, Allah Azza wa Jalla tidak pernah sedikitpun mendzalimi hambaNya. Dan tidak akan terputus rezeki seorang manusia ketika dia masih hidup di bumi Allah.

    Allah Maha Penyayang dan Maha Pengasih. Tak diragukan lagi Kasih Sayang Allah kepada tiap makhlukNya. Pernyataan membenci sebatas tidak menyukai tetapi nikmat Allah tetap mengalir. MasyaAllah.

    Namun perlu diingat, adzab Allah itu nyata. Murka Allah juga nyata. Semoga kita terhindarkan dari hal-hal tersebut.

    Makna yang pentingnya di sini, jangan putus asa dengan doa yang belum terkabulkan ^^

    --benarkan jika saya salah
    Wallahu Ta'ala A'lam.

    ReplyDelete
  33. @Lentera Langit kalau lentera tahu, tolong berbagi ya :)

    kalau saya salah, tolong ditegur.

    ReplyDelete
  34. @Penghuni 60 iya wan :)
    masyaAllah, jadi nggak boleh putus asa dalam meminta kepada Allah, terus semangat untuk berdoa. Jangan lupa usahanya juga ya wan.

    Eh bukan.
    Namun sejak sma, saya ikut kajian islami.

    ReplyDelete
  35. @-ka iya rezka :D seperti itu! Subhanallah!

    ReplyDelete
  36. @system of blog Ya Allah Ya Rabb... belum tentu juga zh!n, nggak bisa dilihat dari satu sisi saja. Karena ada juga orang-orang shaleh yang mustajab doanya :) masyaAllah

    intinya di sini kita harus selalu bisa berprasangka baik sama Allah.

    ReplyDelete
  37. @Atma Muthmainna MasyaAllah, Tabaarakallahu Ta'ala...
    keren mbak atma <3 suka

    ReplyDelete
  38. @BlogS of Hariyanto Wallahu Ta'ala A'lam
    saya bergidik sendiri hari, benar-benar harus introspeksi diri dan lebih baik lagi untuk ke depannya.
    Semangat!

    ReplyDelete
  39. @alaika abdullah mbak alaika...
    ya Allah ya Rabb.. aku beneran deh suka sekali sama kisah mbak, penuh renungan dan motivasi, benar-benar kuasa Allah..

    hahahaha, sekarang siapa yang jaga mbak? aku atau mbak ya =P udah beneran error gara-gara main petak umpet! XD

    ReplyDelete
  40. @Stupid monkey stumon, masyaAllah
    benar, kita berbuat saja~
    semua terserah Allah :) yang penting niatnya juga bagus, semangat!

    ReplyDelete
  41. @Falzart Plain minum ki dulu daeng, nanti ka dibilangi sekke ka, nda kukasi minum tamuku.

    dengar dimana?
    coba diingat..

    ReplyDelete
  42. @Ario Antoko benar, masyaAllah
    tidak boleh berucap sembarangan

    ReplyDelete
  43. @Lyliana Thia InsyaAllah tidak demikian adanya, mbak :)

    masyaAllah, doa Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam sangat mustajab bukan?

    makna di hadits ini lebih kepada supaya kita tidak berputus asa dalam berdoa ketika ternyata belum dikabulkan :)

    ehem...
    cinta itu ya..
    hahahahaha
    *jadi malu

    ReplyDelete
  44. @Millati Indah InsyaAllah bukan...
    Mari bermuhasabah dan lebih giat lagi ibadahnya~ Ingat, jangan pernah berprasangka buruk sama Allah
    semua terjadi untuk yang terbaik :)

    ReplyDelete
  45. Sering kita lihat, berdoa kok seperti karapan sapi..cepat banget...sampai yang mengamini nubras-nubras.

    Selain isi, sebaiknya berdoa itu tak usah rebutan..cepet-cepetan ya nduk

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  46. @Nurmayanti Zain Kalau gemes, cubit aku dong...

    Hm, berarti maksudnya dalem ya, harus mikir wkwkwk... kapan-kapan aku mau nanya yang bikin mbak gemes lagi.

    Yah emang harus mikir sih, wong Tuhan aja sudah nyuruh Iqra, Iqra...

    ReplyDelete
  47. Dengan do'a semua urusan jadi mudah!
    Dengan Do'a Semua Permasalahan Cepat terselesaikan!
    Memohon padanya (allah) adalah Pebuatan yang Dicintai Dan dan Di ridoi Olehnya...
    :)
    "syukron Ukhti Artikelnya sangat bermanfa'at"

    ReplyDelete
  48. asw...sya dapat pencerahan yang sangat bagus hari ini dari sobatku Maya...!
    trims ya...!

    ReplyDelete
  49. turut meng'amini...semoga selalu dalam lindungan dan ridhlo Ilahi Rabb

    ReplyDelete
  50. doa yang dikabulkan itu ada 3 hal
    ~ Doa yang dikabulkan spontan
    ~ Doa yang dikabulkan tertukar
    ~ Doa yang dikabulkan Tertunda

    ReplyDelete
  51. @Una sini unaaa ke makassar *kedipkedip* biar ntar aku puas cubitin kamu XD fufufufu

    iyaaa ^^ harus mikir, masyaAllah :) sip! Iqra.. Bacalah..

    hahahaha boleh :D untuk una apaaaa sih yang enggak =P nanti aku juga jawabnya bakal bikin gemes loh :x

    ReplyDelete
  52. @Pakde Cholik wahh, benar pakde... masyaAllah, nggak boleh cepet-cepetan :) harus sabar dan sabar~

    ehem, terima kasih banyak pakde

    salam dari makassar

    ReplyDelete