Suntikan

Bismillah

Ini sangat menakutkan. Aku masih ingat terakhir kali aku disuntik ketika aku duduk di bangku es-de kelas 4. Aku tahu rasa sakitnya menakjubkan. Tak kusangka aku akan setakut itu melihat jarum suntik beberapa hari yang lalu.

Vaksinasi

Okay, umurku sudah sangat tua tapi bukan berarti rasa takut disuntik itu hilang. Tetap ada. Hanya saja tentu saja, aku tidak menangis, merengek, melempar barang-barang, fiuuhhh yang benar saja. Aku hanya bergidik. Tahu-tahu suster yang tengah memegang lengan atasku tersenyum, "Rileks saja, tidak sakit kok." Aku tertawa. Kegugupanku ketahuan. Yahh, mau gimana lagi. Aku berusaha menghilangkan ketegangan tubuhku.

Ehh? Sejenak ketika jarum suntik itu masuk, aku merasakan perih seperti digigit semut. Lalu ketika cairan obatnya masuk.. tiba-tiba syarafku jadi kaku. Otot lengan atasku (padahal aku tidak punya otot, yah anggap saja) menjadi sekeras besi. Wah wah.. aku memandang suster itu cemas tapi dia tetap tersenyum sambil mengoleskan kapas basah ke bekas suntikan tadi.

Hehehe, lucu juga pengalaman ini. Setelah kucari tahu ternyata obat yang dimasukkan tadi adalah meningitis. Setelah googling ternyata, Meningitis adalah peradangan yang terjadi pada meninges, yaitu membrane atau selaput yang melapisi otak dan syaraf tunjang. Meningitis dapat disebabkan berbagai organisme seperti virus, bakteri ataupun jamur yang menyebar masuk kedalam darah dan berpindah kedalam cairan otak. Dengan kata lain obat tadi untuk menghindari peradangan selaput otak. 

Sayangnya aku cemas membaca deretan bait selanjutnya. Meningitis yang disebabkan oleh virus umumnya tidak berbahaya, akan pulih tanpa pengobatan dan perawatan yang spesifik. Namun Meningitis yang disebabkan oleh bakteri bisa mengakibatkan kondisi serius, misalnya kerusakan otak, hilangnya pendengaran, kurangnya kemampuan belajar, bahkan bisa menyebabkan kematian. Sedangkan Meningitis disebabkan oleh jamur sangat jarang, jenis ini umumnya diderita orang yang mengalami kerusakan immun (daya tahan tubuh) seperti pada penderita Aids.

Ya Allah..
Semoga saja nikmat kesehatan tetap dilimpahkan kepada-Ku. Amin.

_Mei 2011_

0 komentar: