Wahai Malaikat Penjagaku

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Wahai Malaikat Penjagaku

Dicintai oleh dirimu
bagai langit tersenja di sore hari
Setiap kali aku berduka
kau setia selalu menghiburku
Sementara aku berjalan sendirian
kau selalu berada di belakangku
Walaupun kadang kusakiti dirimu
kau diam dan tetap menanti diriku
Oh, katakanlah sesuatu
pada diriku
Andaikan aku mampu melakukannya
pasti akan kubalas kebaikanmu itu
pasti aku pun mau melindungi dirimu
Betapapun kenapa, tapi kenapa
tak pernah bisa kulakukan semua
(Trouble Chocolate, 2012)

Aku menulis surat ini di suatu hari ketika langit tengah mengucurkan berkahnya.
Kurangkai kata khusus untukmu, wahai malaikat penjagaku. Aku tahu, kau lebih suka bila
aku berucap langsung di hadapanmu. Namun kali ini, izinkanlah diriku untuk berbagi cerita
tentang kita kepada para penikmat langit yang bermandikan cahaya.

Tahu tidak? Aku selalu gelisah bila berada di sampingmu. Bukan karena terpaut beda usia lima tahun di antara kita. Melainkan karena cemas memikirkan penampilanku yang berbeda dari orang lain. Khawatir, dirimu akan dicemooh ketika aku menggandeng tanganmu. Namun, tak sekali pun kau melepas genggamanku. Kau tidak pernah peduli dengan sorot mata penuh curiga itu. Malah kau bilang, dirimu yang selalu minder jika berjalan bersamaku. Kau malu ketahuan bodoh di depan teman-temanku. Aku merengut, alasan apa itu? Sama sekali tidak pernah terlintas di bayangku. Lalu tiba-tiba saja, rasa sayang mampu meluluhlantakkan bongkahan kegalauan yang ada.

Masih terekam benar, masa ketika aku terbaring lemah di rumah sakit selama hampir sebulan. Kau tak sungkan bolos sekolah untuk bisa menjagaku. Entah mungkin itu karena kau juga tidak suka belajar tapi yang jelas, kau tak pernah meninggalkanku sendirian. Dan waktu kau terlelap sejenak sehingga tak sadar cairan infusku sudah habis, kau gelagapan melihat darahku mengalir di selang infus. Perawat pun berhasil membuatku berteriak kecil ketika memperbaiki infusku. Kau berbisik penuh penyesalan, "Sakit ya? Maaf, tak akan kuulangi lagi. Maaf." Padahal akulah yang salah. Aku tahu cairan itu akan habis tetapi aku tidak bisa membangunkanmu. Kau menampakkan wajah tidur yang begitu polos.

Aku ini benar-benar orang yang tak berperasaan. Bahkan saat ini ketika sudah ada Fatih pun, aku masih selalu melancarkan bujuk-rayu agar kau mau mengantar jemput diriku. Bukan main, aku pernah membuatmu menunggu selama satu jam. Saat akhirnya aku muncul, kau hanya mengerutkan alis, diam. Ketika aku naik di sadel motor dan memelukmu -aku sadar- ada bulir-bulir air yang mengalir dari pelupuk matamu. Hujan yang menghambur tiba-tiba seakan mengaburkan isak sendu di hatimu. Kau lekas memakai jas hujan dan cermat menutupi diriku agar tidak kebasahan. Dalam perjalanan pulang tanpa kata itu, tiba-tiba kau menyadari kalau refleksku berkurang. Kau berteriak marah, "Jangan tidur! Kalau jatuh bagaimana?! Bertahanlah atau tidak ada yang namanya antar jemput lagi!" Aku mengangguk lelah, kehabisan kata dan menangis.

Aku tak tahu bagaimana cara membalas semua kebaikanmu. Sungguh, membantumu mengerjakan pe-er, mendengarkan curhatmu, memberimu arahan, menemanimu berbelanja dan mendoakan keselamatanmu tidaklah cukup untuk semua hal yang telah kau lakukan untukku. Seharusnya aku bisa tetap menjadi sosok pelindung seperti masa dua puluh tahun lalu. Namun, malah dirimu sekarang yang menjadi sosok penjaga untukku. Kau selalu bilang, "Mama telah memberikanku amanah sebagai seorang laki-laki. Jadi perkenankan adikmu ini untuk selalu mendampingi dan melindungi kakak, sampai datangnya orang yang akan berikrar suci di hadapan Allah Azza wa Jalla untuk melanjutkan tugas ini, menjadi belahan jiwa seumur hidup kakak."

Wahai malaikat penjagaku, adik bungsuku tersayang
Rahmat, kakak mencintaimu karena Allah Ta'ala.


Makassar, Maret 2012 Miladiyah
Rabiul Akhir 1433 Hijriyah 



Tulisan ini diikutkan pada Giveaway : Aku Sayang Saudaraku
yang diselenggarakan oleh Susindra

149 comments:

  1. saya ingin jadi adik mu kalau begitu, boleh kah ... :D

    ReplyDelete
  2. emang sangat beragam teman diblog.. amazingg.. smua bermanfaaf.. salam kenal salam hangatt :D

    ReplyDelete
  3. kaka.... *peyuk* *jadilebey* *habisbacasampehabis*

    iya, kaka, pas jobfair aku dandan kaka, pake lipstik, bibirku mengo terus ga bisa mingkem... haha XD

    ReplyDelete
  4. Wahh...jadi inget adikku juga neh, kalau mudik lebaran dia jemput di terminal BUngur.Karena bawaanku buanyak dan bis pasti penuh (gak bakal dpt tempat duduk). Padahal siangnya dia sudah seharian bolak-balik SUrabaya-gresik-lamongan. Saat kubilang gak usah di jemput, aku ta berusaha sebisaku naik bis saja, dia tetap menyediakan diri untuk menjemputku di Surabaya. Sepanjang nyetir surabaya- sampe rumah..kulihat dengan dia nyetir dengan mata setengah mengantuk. Aku sampai gak tega melihatnya

    ReplyDelete
  5. Wahahaha unyu banget.
    Adekku sih mana mau gandeng aku... wkwkwk.
    Tapi kadang2 suka ngerangkul sendiri gitu sih, jadi unyu unyu ahahaha~

    ReplyDelete
  6. seneng banget deh kalo punya saudara seperti itu, suskes selalu deh:}

    ReplyDelete
  7. Wah..,menyentuh sekali:')
    Semoga sukses GA nya ya May :) Semangkaaa:))

    ReplyDelete
  8. masyaALLAH...
    rahmat,,perkenalkan nama saya rahma..heheh

    ReplyDelete
  9. waa..
    bagus tuhh ..
    saya kapan yaa :D ..
    salam sukses selalu ..

    ReplyDelete
  10. Hmmm... kirain tadi sama pasangannya, ternyata sama saudaranya tho hehe...
    Semoga sukses kontesnya sob :)

    ReplyDelete
  11. Kirain nyeritain kisah suami istri, eh ternyata adiknya yaa? ^^
    terharu :(
    jadi inget ade juga

    ReplyDelete
  12. masyaAllah *celingak-celinguk* izin blogwalking ya :)
    insyaAllah bisa berkunjung lagi..

    ReplyDelete
  13. Nyaris nangis, tapi karena emg saya gabisa nangis jadi gabisa nangis -_______-"

    ReplyDelete
  14. Masya Allah...Subhanallah...tulisan yang benar2 mengharukan...
    Mudah2an anak2ku kelak saling mengasihi seperti ini ^^

    ReplyDelete
  15. Surat yang Indah sekali.....
    Dek rahmat sungguh adik yang sangat baik.

    Terima kasih ya untuk kisah indahnya bersama adik. Suatu pembelajaran tersendiri untukku yang mempunyai 2 anak dan menginginkan mereka selalu rukun dan saling melindungi.

    Salam hangat dari Jepara,
    Susindra

    ReplyDelete
  16. Jadi adik atau jadi kakak itu menyenangkan! Yg penting kita berada di antara orang2 yg kita sayang! ;)

    ReplyDelete
  17. Rahmat tipe adik idaman ya May :)
    Titip salam ya buat Rahmat. Tapi kalau malaikatnya diganti SATRIA kira2 maknanya kurang g ya? Hanya usulan kok May :)

    OOT:

    Kemaren2 kok tak bisa menemukan kolom koment ya diblogmu?

    ReplyDelete
  18. betapa bahagianya memiliki adik yang begitu mengasihi kita,akupun ingin seperti itu kak may...

    salam sayang buat adik rahmat^^

    ReplyDelete
  19. betapa tingginya gravitasi di sini... aku tak punya adik tapi beruntung karena aku punya Kakak yang selalu menjagaku juga...

    dan membaca postinganmu ne dek, bwd KK merasa menjadi orang yg paling beruntung... berada di tengah keluarga yang menyayangiku... plus tambahan adek yg aku tw juga sangad menyayangiku...

    benar kan dek??? (^____^)/

    ReplyDelete
  20. sungguh mulia adeknya mbak. . . . salut aku bisa menjadi hercules bagi kakaknya. . ..

    ReplyDelete
  21. wah adiknya pemikirannya benar-benar :0
    bikin iri.

    kirain dari awal ada hubungannya sama...ah ternyata :) kaget lagikan saya.
    kak maya memang selalu bisa mengkerutkan alis saya. #plak

    ReplyDelete
  22. Puisinya indah banget, jadi terharu..moga sukses GA nya ya

    ReplyDelete
  23. ah saya bisa komen :D
    senangnya punya adik lelaki yang begitu menghargai dan menyayangi kita. adikku tidak :(

    ReplyDelete
  24. Subhanallah ... terharu.
    Senangnya punya saudara yang rukun. Benar2 nikmat. Saya juga punya dua adik. Mereka sangat baik sama saya. Saya berusaha juga bisa menjadi kakak yang baik bagi mereka.

    Oya, ini keren Maya, sudah ada kotak komennya.
    Ini baru namanya blog :D

    ReplyDelete
  25. Horeee...akhirnya bisa comment ^^
    Baguuuuuuuuuss ceritanya maya ^^

    ReplyDelete
  26. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    ReplyDelete
  27. Sukses juga dengan kontesnya ya May..

    ReplyDelete
  28. pada intinya semua adik kita baik kok yang penting kita sebagai kakak juga bersikap yang sama terhadap hal tsb

    ReplyDelete
  29. semoga ke depan mendapatkan "malaikat pelindung" yang juga sangat setia mendampingi seperti Rahmat agar Rahmat juga merasa "lega" melepaskan kakanda yang nampak sangat disayanginya... Nice posting..Like it..

    ReplyDelete
  30. Maya....haru sekali aku membacanya...!
    sukses ya GA-nya !

    ReplyDelete
  31. your post is nice.. :)
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. :)

    ReplyDelete
  32. waah.. terharu bgt.. aku ga punya adek cowok.. tp punya adek cewek yg tomboi.. hehe
    sukses ya bt GAnya ^^

    ReplyDelete
  33. Aw aw aw... *tissue mana tissue*

    ReplyDelete
  34. jadi kangen sama ade nih, meskipun kadang dia ngeselin, tapi sebagai kaka saya juga sangat sayang adik saya.. ceritanya bikin terharu mba.. :)

    ReplyDelete
  35. Masyaallah. . .
    always ^____^

    ganbatte. . .

    ReplyDelete
  36. Subhanallah... adik yg sangat baik. bikin ngiri euy.

    ReplyDelete
  37. jadi pengen ikutan... aku kangen adikku yg sedang jauh hehhe....

    kamu sellau bikin terharu klo bikin crta may...
    subhanallah....

    ReplyDelete
  38. Ka Mayaaaaa :D
    Permintaan kakak udah ta'penuhi :)
    Hheheheheee, bisa dicek disini --> http://noervous.blogspot.com/2012/03/belajar-bikin-komik-itu-isi-sendiri.html

    ReplyDelete
  39. kakaaaaaak...
    begitulah jadi pelindung keluarga
    bukan hanya kepada kakak, tapi kepada seluruh keluarga

    ReplyDelete
  40. Benar-benar menyentuh
    Sikses untuk GA-nya, ya :)

    ReplyDelete
  41. surat yang sungguh indah May... terharu aku membacanya. Bersyukurlah Allah menganugerahkan Rahmat sebagai adik bagimu, begitu penyayang dan bertanggung jawab ya..? Subhanallah.

    Sukses untuk giveawaynya ya say..... :)

    ReplyDelete
  42. @Fitrah Istiqomah ehem :)
    *semoga dapat diambil hikmahnya adindaku~

    ReplyDelete
  43. @Stupid monkey tapi kupikir stumon lebih tua dariku =P *sok muda

    ReplyDelete
  44. @dwi save arema karena tiap manusia memang unik ^^ salam kenal~

    ReplyDelete
  45. @Annesya adinda nesyaaaa.. *peyuk*

    ehhh- ternyata memang dandan XD xixixi^^ manis sekali, seperti eksekutif muda =P waw, jangan berlebihan yah~ bisa mengo terus nanti #ahahaha

    ReplyDelete
  46. @Ririe Khayan subhanallah ^^ baik banget adiknya mbak rie~ kangen kuadrat tuh tandanya mbak XD selalu bisa diandalkan kapanpun dan dimanapun

    #alhamdulilah

    --makanya mbak, kalau pulang oleh-olehnya dibanyakin =) apalagi buat aku ya mbak *gubrak!

    ReplyDelete
  47. @Tebak Ini Siapa #fufufu, unyu ^___^
    suka ngerangkul sendiri :o mesraaaanyaaa~ =P

    ReplyDelete
  48. @Juwita Hsu makasih kak juwi XD
    semangka...!
    semangkat karena Allah...!

    ReplyDelete
  49. @AuL Howler semoga dapat diambil hikmahnya ya aul :)

    ReplyDelete
  50. @Nur Muchamad nyaris? tidak apa =)
    toh bukan berarti orang yang gak bisa nangis adalah orang yang nggak peka kan? ^^

    ReplyDelete
  51. @Mayya subhanallah :) insyaAllah mbak Mayya ^^ cinta penuh malah~

    ReplyDelete
  52. @Susi Susindra terima kasih mbak susi :) senang bisa ikut berpartisipasi

    *semoga kelak mereka selalu rukun dan melindungi ^^

    salam hangat dari makassar

    ReplyDelete
  53. salam, menyambung Silaturahim disini,
    sambil mengantarkan pesanannya ukhty.....


    <style type="text/css">
    .list-7shadow {
    background: #fa1fce;
    width: 96%;
    margin: 2px auto;
    padding: 5px;
    border: 1px solid #0d0;
    line-height: 2 !important;
    }

    .list-7shadow li {
    list-style-type: none;
    background: #b30d92;
    border-bottom: 1px solid #000;
    border-right: 5px solid #000;
    margin-top:2px
    }
    .list-7shadow li:hover {
    background: #ce1caa;
    border-right: 5px solid #030;
    }

    .list-7shadow li a, .list-7shadow li a:visited {
    margin-left: 20px;
    text-decoration: none;
    color: #FF0;
    text-transform: uppercase;
    font-size: 12px;
    font-weight: bold;
    padding: 5px;
    display: block;
    }
    .list-7shadow li a:visited {
    border-right: 8px solid #060;
    }
    .list-7shadow li:active {
    box-shadow: inset 0 0 10px #a50b86;
    -moz-box-shadow: inset 0 0 10px #a50b86;
    -webkit-box-shadow: inset 0 0 10px #a50b86;
    }
    </style>

    <div class="list-7shadow">
    <li><a href="http://sin1aja.blogspot.com/" target="_blank">System of blog</a></li>
    <li><a href="http://ari-software.blogspot.com/" target="_blank">Ari Software</a></li>
    <li><a href="http://za-enal.blogspot.com/" target="_blank">ALprablog�</a></li>
    <li><a href="http://ageboy.blogspot.com/" target="_blank">Ageboy</a></li>
    <li><a href="http://asis-sugianto.blogspot.com/" target="_blank">Ashtho Software Easy</a></li>
    <li><a href="http://bangjal.blogspot.com/" target="_blank">Bangjal Dua Tiga </a></li>
    <li><a href="http://berbagi-kreativitas.blogspot.com/" target="_blank">Berbagi Kreativitas</a></li>
    </div>

    ReplyDelete
  54. @Yunda Hamasah masyaAllah mbak ^^
    wahai satria penjagaku =) manis juga kok mbak~

    #asal muasal malaikat penjaga itu lantaran mama yang bilang kalau rahmat itu my guardian angel ^^ tapi karena aturan giveaway sebaiknya mengurangi bahasa asing jadi diterjemahkan ke indonesia, mbak...

    ohh memang mbak, kan kotak komentarnya saya tutup :) maaf mbak..

    ReplyDelete
  55. @Atma Muthmainna kak atma :o kok lagi-lagi aku dipanggil kakak (>_<)/ kakak... kakak atmaaaaa ihh...

    #fufufu
    dia keren kan mbak =P ksatriaku sayang~

    ReplyDelete
  56. @1mmanuel'Z-Note5 sehat alhamdulillah :D lagi persiapan ujian nasional ^^

    ReplyDelete
  57. @Mam Me - A ehem :) kakak miaa... masyaAllah~ dikelilingi oleh sinar sayang ^^ benar, sangat beruntung

    ---benar, sangat menyayangi kakak <3 dan merindukan kakak dan mencemaskan kakak ^^

    (^_^)/ always

    ReplyDelete
  58. @Beben Koben boleh :) jangan lupa bayar uang sewa ben

    ReplyDelete
  59. @Susu Segar masyaAllah~
    lebih dari seorang hercules malah :)

    ReplyDelete
  60. @uchank benar-benar apa?
    uchank tidak punya kakak atau adik perempuan(?)

    sama...? =P

    ReplyDelete
  61. @hima-rain iya bisa :D
    ahhh~ hima, jangan berkata seperti ituu ^^ dia sayang kok hanya belum menampakkannya saja

    ReplyDelete
  62. @Mugniar subhanallah :) senangnya~
    insyaAllah kak niar bisa jadi kakak yang baik ^^

    --ups ups ups =D
    maaaf~

    ReplyDelete
  63. @covalimawati tapi kan mbak coval sudah punya malaikat pelindung :) masyaAllah~

    ReplyDelete
  64. @OkeTwit :D siapa sih yang tidak sayang sama saudara? ^^ rukun selalu~

    ReplyDelete
  65. @Nur Muchamad masyaAllah... Tabaarakallahu Ta'ala~

    segera terbang ke TKP---

    ReplyDelete
  66. @attayaya setuju ^___^
    dan begitu banyak bidadari yang harus di lindungi di keluarga~

    ReplyDelete
  67. @alaika abdullah Subhanallah, iya mbak Al.. Selain Rahmat aku masih punya satu adik cowok lagi, pangeranku :) masyaAllah, luar biasa mbak ^^

    ReplyDelete
  68. blognya bagus, cewe' banget, salam.. :)

    ReplyDelete
  69. aku jawab di sini ya kak
    87 itu bukan kelahiran saya
    87 itu berdirinya club arema indonesia
    kan aku aremania jadi aku cantumkan 87 itu

    ReplyDelete
  70. Untaian kata katanya sungguh indah.

    ReplyDelete
  71. wah tulisannya keren mbak, ngga bosen aku bacanya..majasnya juga pas, salut deh buat mbak
    btw, kunjungan perdana nih ^^

    ReplyDelete
  72. @ockta ohh seperti itu :)
    *aremania rupanya~

    ReplyDelete
  73. @Albab Alhamdulillah :)
    terima kasih kunjungannya

    ReplyDelete
  74. @Nurmayanti Zain:Afwan,
    Thayyib akhwatii....
    Nanjah Ma'an...
    Ma'a at-ta'aruf.....
    hehe...

    ReplyDelete
  75. Ehem... Itu fotonya koq kayak manten abis Ijab Qobul? Itu tangan Maya, ya? :P
    Semoga kompak selalu dengan adiknya, yaaa....

    ReplyDelete
  76. Subhanalloh..Luar Biasa Mbak Maya,,Tulisannya....
    maaf baru bisa berkunjung disini..cz lagi disibukkan dengan Tugas Akhir...Mohon Bantuan do'anya Ya mBak...n sukses selalu juga Bwt mbak Maya...amien...

    ReplyDelete
  77. adiknya baik banget selalu menjaga kakak ^____^
    Good Luck ya GAnya

    ReplyDelete
  78. Wahhh ... indah sekali alur ceritanya
    srmoga menang dlm GA mbk susindra :D

    ReplyDelete
  79. semua adik dhe laki-laki mbak.. ahh, kok malah jadi speechless yaa mo komen apa.. tapi yang pasti dhe juga bersyukur, dhe bersyukur karena Allah sudah membuat dhe merasa indahnya menjadi seorang kakak melalui mereka.. salam untuk rahmat yaa :)

    ReplyDelete
  80. @Nando iya, setting fotografernya seperti itu nan ^^ ups! (>//<)/ iya, tanganku #terima kasih nan... kompak selalu~

    ReplyDelete
  81. @dhenok habibie Alhamdulillah~
    setuju dhe ^^ pandai-pandai bersyukur~

    ReplyDelete
  82. terharu,, omoshiroi desu yoo.. :")

    ReplyDelete
  83. kupikir bicara tentang suami-istri

    ternyata tentang adik-kakak :)

    mewakili sya di

    http://mimyashop.blogspot.com/2012/02/sayembara-pengalamanku.html

    boleh kok ikutan giveaways nya :)

    ReplyDelete
  84. Wah menyentuh banget nih artikelnya heheheheheh

    ReplyDelete
  85. insfiratif sekali tulisannya..

    ReplyDelete