Bertemu Monster Matahari

Bismillah

Tak pernah aku memikirkan akan bertemu monster sebelumnya. Memangnya siapa sih yang pernah? Hehehe maka dari itu, menurutku pertemuanku dengannya spesial. Ini adalah cerita tentang dia, sesosok monster yang kuat dan romantis di langit blogsphere, kunamai dia, monster matahari.

Aku berkunjung ke dunianya sejak Oktober 2011 silam. Waktu itu aku lebih suka menjadi pembaca tanpa jejak, mengamati dari jauh dan meraba-raba bagaimana pribadinya. Tahu tidak, dengan begitu saja sudah membuatku penasaran ingin mengenalnya lebih dekat. Apalagi kami memijak tanah yang sama, tanah Anging Mamiri. Dua bulan kemudian, Alhamdulillah doaku terkabul. Dengan berbinar aku melihat pesan offline yahoo messenger berisikan nomor ponselnya. Tanpa basa-basi segera kulayangkan sms.

Tringgg...!! 1 New Message.
Maya, namamu sudah tersimpan di HP ini loh! Ternyata kamu temennya adikku ya?

Aku terbelalak, kaget. Loh? Tunggu, memangnya aku seterkenal itu? Apa aku selebritis? Tapi kok aku nggak sadar ya? Ahahahaha, gubrak! Ehem, intinya dunia ini memang hanya selebar kelopak mawar. Percaya atau tidak, tidak ada yang namanya kebetulan. Semua terjadi untuk sebuah alasan. Hanya saja, yang tersulit adalah menemukan apa gerangan alasan tersebut.

Faktanya, aku memang mengenal baik adik perempuannya yang satu forum denganku. Semenjak itu, aku pun dengan mudah mendapatkan informasi akurat tentang dirinya. Dataku pun semakin bertambah dari hari ke hari. Hingga aku merasa, kehidupan maya sudah tidak cukup lagi bagi kami. Aku harus keluar dari ilusiku dan menampakkan betapa nyatanya diriku di hadapannya. Pertemuan demi pertemuan pun dirancang. Qadarullah wa Masyaa Fa'ala, takdir benang merah di kelingking kami belum tersambung. Ada-ada saja alasan batalnya pertemuan perdana kami.

Aku tahu, dia sosok yang memukau. Dia pernah mengatakan sesuatu yang membuatku memikirkan kalimat itu sehari semalam. Ketika aku mengidap penyakit demam komentar, tanpa ragu dia hadir dan membantuku sembuh. Secara jelas, dia menuntunku untuk melihat sisi lain diriku.

"May, kamu membangun karakter yang membuat orang penasaran sekali sama dirimu!"

Kalimat itu menerobos masuk ke ruang pikirku dengan cepat. Benar-benar seperti dimakan monster, aku kehilangan kekuatan. Ya Allah Ya Rabb, bahkan yang bisa kulakukan hanya mengeluarkan asa berupa butir-butir bening dari muara mataku. Hampir sebulan aku mencari jawaban untuk suatu hal yang bahkan aku sendiri tidak mengerti. Subhanallah, aku beruntung di sisiku ada akhwat pejuang, kakak bermata cokelat dan burung pipit yang memegang diriku agar tidak tenggelam dalam kebodohan.

Kenapa orang lain selalu punya konsep ideal tentang bagaimana seharusnya diri kita?

Well, kalimat kedua darinya yang menggodok alam pikirku. Aku sadar, setiap pribadi itu unik. Hanya saja, terlalu banyak interuptor yang ingin mengendarai hidup kita. Aku tersenyum sendiri. Aku tahu, aku tidak bisa mengubah pikiran orang lain tentangku, tidak bisa membuat orang lain memiliki pikiran yang sama denganku, apalagi memintanya untuk berhenti mengagumiku. Susahnya itu seperti meminta matahari untuk tidak bersinar walau hanya sekejap mata. Allahu Akbar, memangnya aku punya daya apa?

Suatu siang, aku iseng mengirimkan sms padanya. Aku katakan, aku ingin sekali bertemu. Tak lama, dia membalas bahwa dia lagi kosong sehingga kita bisa bertemu sekarang. Aku terlonjak dari tempat tidur. Aku belum mandi, belum siap-siap, belum ngapa-ngapain, argh~ sedikit kagok, aku langsung bergerak secepat kilat. Ini gila, pertemuan lalu-lalu yang sedemikian rupa direncanakan malah batal, lalu saat ini? Benar-benar suatu keajaiban, Tabaarakallahu Ta'ala, aku bersama Fatih sudah berada di tempat pertemuan (Karebosi Link - Makassar Trade Centre, red) yang tidak jauh dari kantornya, menunggu kehadirannya.

Putri Cahaya? Tidak menyangka, akhirnya kita bisa bertemu juga

Aku menganga. Bukan karena aku bisa melihat wajahnya secara nyata, melainkan ugh kenapa harus manggil Putri Cahaya sih? Rasanya tuh wajahku seperti terbakar matahari saking meronanya karena menahan malu. Segera aku sambut dirinya dengan senyuman dan genggaman tangan. Melihatnya yang sama sekali tidak grogi, membuatku tersipu untuk kedua kalinya. Tidak tahu ya, tiba-tiba saja aku grogi. Habisnya, dia berucap rupanya aku sedikit berbeda dari gambaran yang terpampang di kepalanya.

Buku Kemilau Cahaya Emas dan Negeri 5 Menara

Dia sosok yang begitu dewasa dengan pembawaan yang riang. Beda sekali jika mengamati di dunianya yang terkesan penuh kegalauan. Aku bahkan sangsi apakah dia benar-benar pernah merasa resah dan gelisah. Iya sih, dia itu seperti mengatakan setiap hal yang terlintas di pikirannya, lugas dan jujur. Sosok yang apa adanya. Banyak orang yang mengatakan dia egois dan sombong karena berprinsip menyukai apa yang dia sukai dan menganggap lalu apa yang tak dia sukai. Namun, kok aku malah suka ya?

Yaa, daripada orang yang tidak punya prinsip dan selalu plin-plan dengan omongan orang-orang di sekitarnya? Sosok yang berdiri tegak di atas kakinya sendiri menurutku sangat keren. Dia begitu menghargai eksistensi tiap-tiap pribadi. Lebih mengedepankan perkara yang membuat hati nyaman dibanding perkara kasat mata. Dengan mantap, aku bisa menjamin kebaikan hatinya.

Buktinya, dia membeli buku Kemilau Cahaya Emas langsung dari penulisnya loh. Ahahaha, promosi terselubung. Selain itu, dia juga mentraktirku makan pizza dan akan meminjamkan buku Negeri 5 Menaranya. Itu berarti akan ada pertemuan kedua, ketiga dan selanjutnya untuk kami InsyaAllah. Syukran wa Jazakillahu khair. Aku seperti diberi keberkahan terus menerus hari itu, MasyaAllah. Aku benar-benar senang bisa bertemu dengan Monster Matahari.

Kenapa monster? Bisa jadi karena monster itu pembuat masalah, sering hilang kontrol dan tidak bisa mengatasi dirinya sendiri. Seperti itukah sosoknya? Ehem, setidaknya pengakuannya seperti itu. Kalau untukku, dibanding monster sebenarnya aku lebih pengen menyebut dirinya peri matahari tapi ihh masa aku dibilang error karena sebutan itu? Ahahaha~ Memang error sih, habisnya emang ada monster yang cantik? Bagiku dia cantik. Kamu cantik... cantik... dari hatimu.

Dia bernama Syam Matahari. Pemilik resmi Rumah Matahari. Baru kali ini aku bercerita detail tentang seseorang. Apalagi sampai pasang foto #disuruh pasang sih, katanya suka sekali. Suka. Suka. Suka. Aku tahu, pasti karena bukunya kan? Tidak, jangan kubur aku hidup-hidup! Aku mengaku, aku juara 2 keren. Juara 1 diambil alih olehnya. Hahaha, sesuatu sekali kan?

Foto tumpukan buku di atas itu jepretannya loh. Kalau foto yang di bawah ini udah diset terlebih dahulu lalu tinggal aku jepret. Hohoho, keren kan? Memang, soalnya selain Rumah Matahari ada juga Photos365 miliknya, pecinta foto gitu loh. Aku juga sempat difoto dan serius aku terlihat w-o-w di foto itu. Tapi maaf saja, foto itu konsumsi pribadi. Eh? Lagi-lagi aku membuat karakter yang bikin penasaran ya? *Jleb. Dilarang keras penasaran...!

Syam Matahari

Lalu bagaimana kesan Monster Matahari setelah bertemu Putri Cahaya? Bener nih, aku mau protes! Masa aku dibilang anak kecil yang hiperaktif? Er-rr, luar biasa. Mana ditambahin kata-kata aku ini pecicilan, calleda dan tukang ketawa nggak jelas...(?!) Huhuhu, image apaan itu? Ya Allah... #pingsan.

Apa hal yang paling kamu banggakan dari dirimu?

Itu tanya terakhir, ketika aku bersama Fatih mengantarnya ke tempat dimana dia akan bertemu dengan temannya lagi. Aku tertegun, tidak bisa menjawab. Lalu saat aku mengajukan pertanyaan yang sama padanya. Dengan sigap, dia menjawab, "Percaya diri. Bagaimanapun kondisiku, aku bisa membuat orang lain menerimaku apa adanya."

Aku mengangguk, Subhanallah, terpesona dengan ketegasan dan kekuatan hati yang dimilikinya. Giliranku menjawab. Aku menggigit bibir bawah dan mengerutkan dahi. Ahh, aku masih belum menemukan jawabannya.


Makassar, Maret 2012
Jumadil Awal 1433 H

74 comments:

  1. Tentang nomer hapemu yg sudah lebih dulu ada di hapeku itu, sesuatu.... hahahah. sampai sekarang sy masih senyum2 membayangkan betapa 'sempitnya' dunia. hmmmm.... jodoh kita dekat nak^^

    Dan untuk yang lain,
    #speechless

    ReplyDelete
  2. @s y a m jodoh kita dekat ^^ fufufu, entah kenapa suka sekali dengan kata-kata itu <3

    deh, kita tahu nah~ langsunga mendadak sok ngartis betulan pas tahu itu tentang nomer hape yang ada duluan..!! karena nda kutahupi adek ta sapa, pas tahu addehhh--- ampummaa.. hahaha :D fiss kak, peace...!!

    #another speechless

    ReplyDelete
  3. gak ingin berkomentar tentang tulisannya... cuma kotak komentarnyaaa sajaa yang kadang ada kadang ga adaaaa... lahhh... tulisan ini kok kenapa boleh dikomentarinn?? kayanya ada sisi kelayakan tersendiri kapan harus postingan itu boleh dikomentarin ato tidak... #piss

    ReplyDelete
  4. Putri cahaya ketemu monster matahari. Sangat spesial sekali. Satu rumpun lagi. Amazing banget dah. Allah memang mempunyai rencana yang bagus ya sob. Pas persiapan, malah nggak bisa bertemu. Giliran nggak persiapan malah bisa bertemu. Mungkin dengan begitu nggak ada rasa canggung atau hal-hal yang di tutupi kali mbak.

    ReplyDelete
  5. hi judulnya seyem...

    "Percaya diri. Bagaimanapun kondisiku, aku bisa membuat orang lain menerimaku apa adanya."

    kata2nya.. good

    ReplyDelete
  6. hmmm, aku kok gak di ajak sih, hihihihi, wew :p

    ReplyDelete
  7. ...."tidak ada yang namanya kebetulan. Semua terjadi untuk sebuah alasan"...
    aku juga mempunyai pemikiran yang sama tentang itu mbak :)

    hemm..membaca cerita tentang monster mataharinya saja aku kagum dengan mbak monsternya, :D dan aku suka dengan jawabannya
    "Percaya diri. Bagaimanapun kondisiku, aku bisa membuat orang lain menerimaku apa adanya."

    (Panjang sekali komenku, ckckckck =__=")
    :D

    ReplyDelete
  8. Setelah mereka bertemu, mereka akan... ehm... menjadi cahaya yang lebih terang benderang lagi... ^_^ :hehehe

    ReplyDelete
  9. ::))
    kakak, afwan saya penasaran kak Syam kakaknya siapa??

    hmmmm....

    ReplyDelete
  10. aku berkunjung ke blog'a syam udah dari kapan ya ? yg jelas udah lumayan lama sih :)

    ReplyDelete
  11. serius amat sih yang lagi difoto itu?...

    betul,aku juga penasaran dengan may,suer

    ReplyDelete
  12. Hahaha.
    Jodoh emang gak lari kemana kak #ehh

    Blog emang bkin semuanya jadi tak terduga.

    ReplyDelete
  13. penasaran dengan dirimu dek??? wuaaaahhhh tidak lagi... wkwkwk... layaknya buku yang menarik, sekalipun belum khatam aku baca... sepertinya aku "sok" tau... Endingnya... wkwkwk.. sekalipun bisa dhitung dengan jari pertemuan kita tetapi layaknya telah mengenalmu lamaaaaaaaaaaaaaaaaa... aku bisa membaca jalan pikiranmu.. tak percaya??? jangan percaya klw gitu... ngomong2 bisa juga kamu perhatikan warna mataku.. salutttt...

    ReplyDelete
  14. enaknya bisa ketemuan dan seru-seruan.... hehehehe

    ReplyDelete
  15. kalo hiperaktif, kayaknya iya. hihi *peace, may ^^v

    keliatan periang dilihat dari tulisannya. suka! ;D

    ReplyDelete
  16. "kenapa orang lain selalu punya konsep ideal tentang bagaimana seharusnya diri kita"...itulah konsep kenikmatan saat berada di luar lingkaran kehidupan orang lain, dan dengan ringan-nya mampu memberi nilai value pada kehidupan seseorang agar orang itu bisa berubah sesuai yang diinginkan para penilai..btw-saat mencoba menilai diri sendiri maka semuanya akan menjadi GALAU (ha ha ha coba beradaptasi dengan kata yg lagi populer)..beranikah kita memberi nilai value pada diri kita sendiri...sebelum orang lain yang memberi ..., siapa tahu saja "takdir benang merah di kelingking bisa jadi sambung menyambung menjadi satu..salam :)

    ReplyDelete
  17. waduhhh~
    tersenyum lebar bacanya :D

    ReplyDelete
  18. ney ney ney ketemuannya dalam rangka face to face nih enggak kopdaran XD

    ReplyDelete
  19. Sama, aku juga lho May, kamu membangun karakter yang membuat orang penasaran sekali sama dirimu!
    Kapan ya kita ketemu :)

    ReplyDelete
  20. hoho...kirain beneran monster,
    trnyata monsternya unyu..perempuan.
    =D

    ReplyDelete
  21. ehem.. kakak..
    cieeeeeeh..
    Matahari dan putri cahaya cuitcuiiiit :p

    ReplyDelete
  22. asslamu'alaikum kak mayaa...
    kangenn :*
    aku hidup kembali niih. hehe
    subhanallah sekali kakak monster cantiknya. kagum dengan jawabannya.
    padahal membuat orang menerima diri kita apa adanya itu sulit sekali.. -___-" butuh bnyak belajar nih~
    untuk sisi misterius. kakak memang sangat misterius.. dan aku kagum akan kemisteriusan kakak! bisa membuka diri tapi tidak membuka jati diri. #halah bahasanya ribet bgt aku.

    ReplyDelete
  23. Bismillah..

    Kak Syam-nya Ukhti Syam..hehehe bersaudara sama2 ada Syamnya..oia K syam, mauka pinjam juga negeri 5 menarata'...
    weh May..cocoknya itu pendapatnya K Syam soal kita..hmmm..pas ngepas mantab!hehehe...

    ReplyDelete
  24. Jadi iri dengan si monster matahari ketika membaca tulisan ini. Pasti 'monster' itu sangat spesial sekali, dan sekali lagi aku iriii... Iri dalam hal baik tentunya :)

    Ada sesuatu untukmu, Mbak Maya, kunjungi blog kecil saya ya :)

    http://wury-mars.blogspot.com/2012/04/award-spesial.html

    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  25. wow asyikkk alur ceritanya , jadi senyum-senyum sendiri hihihhi ..
    kira-kira cerita selnajutnya apa yah ?
    tak pantengi #nah loh mba ahhahahahah ...

    ReplyDelete
  26. Well, mungkin saja dia adalah jodoh dirimu. Mungkin lho... :)

    ReplyDelete
  27. hmm, putri cahaya bertemu dgn pemilik rumah matahari.pasti meninggalkan jejak yg terang benderang... hehe..
    :D
    suer May, aku jg penasaran sama kamu.

    ReplyDelete
  28. Monster matahari... dr judulnya lumayan serem. Tp setelah mengeja dan mengurai kata demi kata di sana, rangkaiannya bener2 memesona. kalimat2 yg indah. aku suka

    ReplyDelete
  29. Kyaaa... Kopdar nih ceritanya! Kapan kita kopdar dimana, mbak Nur? ;-)

    ReplyDelete
  30. baca judulnya ane udah mikir yang aneh2 ternyata monster matahari itu itu tho :D

    ReplyDelete
  31. baca tulisannya jadi senyum2 sendiri menarik bnget

    ReplyDelete
  32. wah wah kopdar pengen dung dung dung dung :D

    ReplyDelete
  33. Waoww dunia selebar monitor kalau gitu ehehhehe Lama Nih Aku gak Mampir ke MAKASSAR gimana kabar ta' kk ...? :)

    ReplyDelete
  34. dulu, pertama kali dhe kenal mbak Cyam, dhe ngiranya beliau itu laki2 lho mbak.. hahahahaha, sampe mbak Cyam sendiri yang ngakak di blognya dhe.. :D

    semua orang memang punya keunikan sendiri-sendiri ya mbak, semua orang juga punya cara sisi misterius sendiri2, dhe percaya itu.. tapi kalo mbak Maya, dhe tidak penasaran.. soalnya sudah ada blogger yang sempat cerita tentang mbak Maya ke dhe, dan itu berarti dhe sudah tidak penasaran dengan gaya ngeblog mbak karena sudah tahu jawabannya.. hehe :p

    ReplyDelete
  35. oh iya kak, syapa adiknya???

    ReplyDelete
  36. keren blognya :)

    jangan lupa join di blog aku yah yang ini :)

    makasih :)

    ReplyDelete
  37. @Sam seratus untuk sam :) seperti itulah~
    hanya postingan khusus yang boleh dikomentarin, wah sesuatu ya!

    ReplyDelete
  38. @HP Yitno Alhamdulillah~ iya, spesial sekali ini. Hoo, benar jugaa ya. Allah Ta'ala punya hikmah dibalik setiap kejadian :) bahkan untuk kejadian tak terduga.

    ReplyDelete
  39. @Bintang Dandelion - Widie setuju widie :)
    hohoho, subhanallah kak syam memang mengagumkan ^^

    bagus kok komennya panjang ^^ tak apaa~

    ReplyDelete
  40. @srulz yaaaa ^^ cahaya benderang masyaAllah~

    ReplyDelete
  41. @Fitrah Istiqomah musyawarah paki baru kutanya ki nah :D hihihi

    ReplyDelete
  42. @Atma Muthmainna ups, padahal bukunya kan bukan buku serius ^^ hehehe~

    ahhh, kakak penasaran =) hihihihi~

    ReplyDelete
  43. @Uchank wah uchank bahas jodoh nih yeee =P

    blog itu sesuatu ya x_x

    ReplyDelete
  44. @Me-@ Zaza hahahaha, kakak gayaaaa \(>_<)/ iye, iye~ you got me! Ups, jangan meremehkanku kak! Warna mata itu bukan apa-apa =P

    ReplyDelete
  45. @Ila Rizky Nidiana Alhamdulillah yah aku hiperaktif =) ahhh mbak ilaaa~ kan jadi malu aku...

    ReplyDelete
  46. @BlogS of Hariyanto wow masyaAllah
    berbicara tentang value diri sendiri itu gampang-gampang susah sebenarnya.. hmm, poinnya kembali ke introspeksi diri.

    ReplyDelete
  47. @naspard yes, face to face :)
    kopdaran :o ehmm...

    ReplyDelete
  48. @Yunda Hamasah masyaAllah mbaaaaak ^^ semoga Allah menakdirkan kita untuk ketemu InsyaAllah.. Aamiin..

    ReplyDelete
  49. @OTRL ci ci cuiiittt~ wahhh subhanallah sekali ya ini =)

    ReplyDelete
  50. @Nizwa Ayuni wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh nizwaaaaa
    kangen :* #kecupkecupsegala =P
    lama tak bersua, dinda apa kabarmu?
    Subhanallah, kakak syam memang keren :)
    ehh :o err-rr membuka diri tapi tidak membuka jati diri, wow~ bagus juga kata-katanya ^^

    ReplyDelete
  51. @rezkybatari duo matahari XD
    habis saya pi kak baru kita nah =)
    jleb! yang image itu? cocok? Ya Allah.. #pingsan

    ReplyDelete
  52. @Wury hehehe masyaAllah :) siaapp! aku ke tkp segera InsyaAllah

    ReplyDelete
  53. @Penghuni 60 setuju ^^ jejak yang menyilaukan masyaAllah :)

    ReplyDelete
  54. @system of blog selebar monitor? ehm boleh :) Alhamdulillah Makassar sempat menghebohkan dunia dengan demo bbm-nya =P

    ReplyDelete
  55. @dhenok habibie hahahaha :D ada-ada aja dhe ini~

    ^^ fufufu, siapa blogger yang cerita tentangku itu dhe?

    ReplyDelete
  56. @Anonymous =) nanti sa bisik ki kalau ketemuki ^^ ok

    ReplyDelete