Seberkas Cahaya

Bismillah

Imam Syafi’i rahimahullah pernah berkata,
شَكَوْت إلَى وَكِيعٍ سُوءَ حِفْظِي فَأَرْشَدَنِي إلَى تَرْكِ الْمَعَاصِي وَأَخْبَرَنِي

 بِأَنَّ الْعِلْمَ نُورٌ وَنُورُ اللَّهِ لَا يُهْدَى لِعَاصِي
Aku pernah mengadukan kepada Waki’ tentang jeleknya hafalanku. Lalu beliau menunjukiku untuk meninggalkan maksiat. Beliau memberitahukan padaku bahwa ilmu adalah cahaya dan cahaya Allah tidaklah mungkin diberikan pada ahli maksiat.” (I’anatuth Tholibin, 2: 190).


..::: PUTRI CAHAYA :::..
Aku sedikit tidak percaya pada apa yang terjadi. Aku merogoh untuk kesekian kali tas di hadapanku. Mengerutkan dahi, berpikir seberapa banyak tempat yang tadi kukunjungi, berasumsi bisa saja aku menjatuhkannya. Tapi nihil, lelah mencari dan tidak jua aku menemukannya. Lambat laun aku mengedar pandangan di sekitarku. Aku berada jutaan mil dari kota tempat tinggalku. Berserah diri dan menghadap kepada Sang Pencipta di Baitullah yang agung. Tasbih, tahmid dan takbir tak henti-hentinya bergaung mengisi celah-celah Masjidil Haram di Makkah Al Mukarramah.

Setiba di Hilton Tower Hotel, aku menggeledah barang-barangku. Hatiku menjadi semakin mendung, dimanakah harus kumencari lagi? Aku pun bertanya kepada Mama, Bapak, Kak Hera dan Ulfa tetapi tak satu pun jawaban positif yang kuterima. Aku memperbanyak istighfar, aku benar-benar telah kehilangan cahayaku. Qadarullah wa Maasya Fa'ala, aku kehilangan Alqur'an - berukuran mungil, merona cokelat lembut dan disertai terjemahan dalam Bahasa Indonesia - yang selama ini senantiasa menemaniku. Aku tidak menangis. Aku meredam gelembung itu keluar dari pelupuk mataku, menyelam ke relung hati terdalam dan mulai mengintrospeksi diri.

Setelah itu aku memperbaiki akhlakku, menutup pintu-pintu kemaksiatan dan melangkah rutin di majelis-majelis ilmu. Aku menggunakan Alqur'an yang dicetak oleh Kementerian Urusan Agama Islam, Wakaf, Da'wah dan Irsyad Kerajaan Saudi Arabia. Alqur'an dan terjemahnya dalam Bahasa Indonesia itu berukuran besar lagi berat dan berwarna cokelat tua. Biasanya aku menggunakan Alqur'an itu sebagai referensi berharga jika sedang menelaah buku islami. Ya, baru kali ini aku menggunakannya sebagai Alqur'an utama yang selalu kubawa kemana-mana, menggantikan Alqur'an mungilku yang terdahulu. Aku tidak mengeluh. Walau aku masih sangat merindu pada Alqur'an mungil itu yang asal muasalnya diberikan padaku sebagai hadiah karena menjadi peserta teraktif dalam kegiatan Studi Alqur'an Intensif, walau aku masih sangat merindu sehingga setiap ke toko buku aku selalu mencari-cari Alqur'an yang serupa dengan milikku dulu, aku tidak jua memutuskan untuk membeli yang baru.


..::: SEBERKAS CAHAYA :::..
Aku tidak berpikir dua kali saat putri cahaya meminta untuk dikirimkan koleksi uang receh. Dengan sifat dasarku yang penuh simpati dan empati, aku tidak ragu melakukan sesuatu untuk seorang kawan yang baik. Bahkan untuk permintaannya yang agak aneh itu. Maklum karena receh yang diminatinya tidak terdapat di tanah ibu pertiwi, Indonesia. Namun, aku berniat memberinya suatu hal yang lebih berharga dari sekedar uang receh. Aku tahu profesinya sebagai seorang da'iyah sudah berurat akar dalam hatinya InsyaAllah. Untuk mempermudahnya dalam berdakwah, aku mengirimkan Alqur'an dan Terjemahnya dalam Bahasa Indonesia. Aku memilih Alqur'an berukuran mungil, berbalut pink muda kesukaannya dan dimodel khusus untuk muslimah.

koin dan alqur'an
Koleksi uang receh dan Alqur'anul Karim

Bisa ditebak, dia kaget bukan main. Terpancar dengan jelas, aura riang dan cemas secara bersamaan. Riang karena dia akan mendapat ganti atas sesuatu yang pernah hilang darinya. Bahkan dia akan mendapat Alqur'an yang lebih baik dari miliknya dahulu. Masya Allah, aku tercengang mendengar ceritanya. Sungguh, ketika dipikirkan di masa sekarang, benar-benar suatu keteraturan dari Takdir Allah yang sempurna. Allahu Akbar! Lalu dia cemas karena tidak henti-hentinya berpikiran bahwa dia sudah membuat orang lain susah dan kerepotan. Aku pun harus berkali-kali meyakinkannya bahwa aku melakukannya dengan senang dan tulus sehingga tak ada setitik pun kerepotan yang tercipta.

Ketika dia bertanya, apa yang bisa dia berikan sebagai balasannya...(?) Aku tergelak dan menjawab dengan mantap, "Aku menginginkan hatimu". Dia tertawa dan berujar secara biologis bahwa, ketika hatinya (jantung, red) diambil, nanti darahnya akan berceceran karena tak ada lagi wadah untuk menyimpan dan memompa darah tersebut. Tawaku meledak karenanya. Akhirnya aku pun mengunci pembicaraan kami hari itu dengan ucapan, "Ada Allah yang Maha Pengasih yang akan membalasnya. Aku hanya berharap hal itu bisa bermanfaat untukmu. Toh, aku juga bakal dapat pahala karenamu kan? Hehehe. Dan terima kasih untuk setiap do'a yang dilatunkan untukku ya."


..:::: CAHAYA :::..
Suatu siang sebuah paket telah sampai di istana cahaya dengan selamat sentosa. Alhamdulillahi Rabbil Alamin... Putri cahaya yang menerimanya sendiri, langsung membuka paket itu dengan hati-hati. Perasaannya campur aduk, tak ada kata yang bisa mewakili rasa yang merebak kala itu. Sungguh benar, seberkas cahaya telah memberinya cahaya. Sebuah cahaya yang begitu memikat hatinya. Membuatnya jatuh cinta pada pandangan pertama dan tidak melepas cahaya itu dari matanya sedikit pun. Cahaya itu telah dikhatamkannya sekali, dibawanya ke majelis ilmu, dipinjamkannya kepada teman dan dijaganya dengan baik InsyaAllah.

cahaya alqur'an
Cahaya di atas Cahaya

Seberkas cahaya begitu senang mengetahui cahaya itu telah menemani putri cahaya dalam kesehariannya. Dia selalu berharap agar setiap yang dilakukannya untuk orang lain akan mendapat keberkahan dan keridhoan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dalam hari-hari selanjutnya, seberkas cahaya bertekad akan selalu bersemangat menebar dakwah penuh hikmah untuk orang-orang di sekitarnya, memenuhi setiap panggilan detik waktu dalam kebaikan dan kesabaran InsyaAllah.

Barakallahu fiik.


Tulisan ini diikutsertakan dalam Elfrize 4th Anniversary

99 comments:

  1. jemput pagi dulu...
    Assalamualaikum wr wb nanti komen lagi ahhh..

    ReplyDelete
  2. assalamu'alaikum....kunjungan pagi ^___^

    ReplyDelete
  3. Betapa senangnya ya bisa memberikan sesuatu ama seseorang dan barang itu bisa dimanfaatkan dengan baik.
    Pasti yg ngasih al Quran itu sangat seneng karena udah dibaca dan hatam.

    Pengin juga euy aku berbagi sama yg lain. ngiri ngiri ngiri tapi penginnya dibagi terus tanpa membagi :))

    ReplyDelete
  4. Allah akan melipatgandakan shodaqoh, baik itu di dunia ataupun nanti di akhirat..

    nice:}

    ReplyDelete
  5. "Ada Allah Yang Maha Pengasih yang akan membalasnya", kalimat itu sungguh menenangkan...

    ReplyDelete
  6. Ciyeeeeeiiiyyy,
    aku tahu tuh siapa yang ngirimi :))
    Ihuk ihuk~

    ReplyDelete
  7. subhaanallah... T_T, terima kasih mbak mengingatkan lagi.

    "ilmu mudah hilang karena maksiat"
    "balasan Allah lebih indah saat waktunya, entah itu satu minggu, bulan atau tahun berikutnya, atau bahkan balasannya tidak didunia,tapi diakhirat"

    ReplyDelete
  8. subhanallah ...
    semoga makin semangat menebar dakwah :)

    ReplyDelete
  9. wah mushaf baru ya? alhamdulillah

    ReplyDelete
  10. Semoga Allah menjaga seberkas cahaya itu agar istiqomah di jalan dakwah, membagi terangnya di jalan kebenaran. Amin.

    ReplyDelete
  11. betul mbak, "subhanalloh" hanya hakekatnya cahaya ilmu itu tidaklah hilang yang betul adalah tertutupi oleh akumulasi maksiat, semakin tebal noda itu semakin tebalpula selubungnya hanya niat dan petunjuk Alloh dengan taubat lambat laun cahaya ilmu itu akan kembali dikenali.

    ReplyDelete
  12. subhanallah.. cahaya itu akan terus bersinar mbak..

    hehe,, warnanya pink lucu juga yaa :P

    ReplyDelete
  13. cahaya, putri cahaya, seberkas cahaya....

    semoga selalu bercahaya... :D

    ReplyDelete
  14. Tentang Cahaya...?? Sebisa mungkin wajib dijaga ya mbak, semoga kita mampu menjadi Cahaya, amiiin.. :-)

    ReplyDelete
  15. paling asik kasih kado Qur'an atau mukena atau sejenisnya.. :)

    ReplyDelete
  16. Cahaya.. hadirnya selalu membuat suasana menjadi lebih baik..
    semoga kita bisa menjadi berkas2 cahaya untuk sekeliling kita..
    salam kenal mbak... :)

    ReplyDelete
  17. Subhanallah indahnya saat saling berbagi..

    semangat selalu kakak dalam dakwahnya..

    ReplyDelete
  18. baca tulisan indah itu membuatku jadi ingin mempunyai cahaya yang sama seperti itu.

    ReplyDelete
  19. wew, pasti kamu senang sekali saat menerimanya ya, semoga bisa lebih menjaga :D
    tapi siapa ya, hihihiy, ceritain dong :D

    ReplyDelete
  20. subhanallah,,
    al-qur'an emang cahaya hati !!!
    ..bisa nerangin semua masalah !! :)

    ReplyDelete
  21. Hiks... T_T
    akhir2 ini, cahayaku berdebu...
    Lebih porsinya lebih banya utk ngeblog, baca artikel, baca fiksi, cari duit, baca ini itu sampai lupa enggak baca cahaya alam semesta ini. :(

    ReplyDelete
  22. sesuatu yang hilang dan sesuatu pemberian..yang diikhlaskan..sungguh suatu pembelajaran dalam kehidupan..terkadang apa yang begitu dicintai akan pergi juga...subhanallah :)

    ReplyDelete
  23. Segala aktifitas yang diniatkan untuk beribadah dan ikhlas kepada Allah senantiasa akan memperoleh kebaikan dan keberkahan

    ReplyDelete
  24. kehilangan-memberi-dapet ganti...
    ayeee, alhamdulillah ya,, sesuatu banget ^^

    #jadi teringat kado temen2 beberapa tahun silam: mushaf bersampul keemasan...

    ReplyDelete
  25. semangat terus ustazah berdkwah di dumai dan di nyata,,,,

    ReplyDelete
  26. yang baik selalu dibalas dengan yang baik pula

    ReplyDelete
  27. kebuka.... horeee... jarang2 ne dek... wkwkwkwk... yg dgambar itu gift semuakah dek??? dari KK lum ada ne kek na.. wkwkwkk.. bingung dek...

    ReplyDelete
  28. hikssss merasa Tersindir Mb dengan Postingan ini

    iya hafalanku super duper Jeleknya apalagi kalo masalah doa hik hikkss mungkin benar kali yaaaa

    ReplyDelete
  29. Semoga cahaya itu akan terus bersinar terang .. :)

    ReplyDelete
  30. dan Allah memberikan gantinya lewat tangan yg lain, hmmm siapa nih yg ngirim nya ckckkckc????wah koleksi uang receh juga ya may, uang receh darimana aja tuh????smoga selau dijalan Nya, tetpa istiqamah.

    ReplyDelete
  31. gue teringat dgn Alquran pemberian sobat gue yang hilang ketika ku bawa di singapore dulu...hemmm...artikel kakak menyentuh hatiku menyelami kejadian kegagalanku 7 tahun lalu...

    ReplyDelete
  32. Mbak Maya, kiriman sudah saya terima. Tapi, belum saya lihat, karena saya masih di Bandung. Syukron katsiran yaaaa :D

    ReplyDelete
  33. wah cerita yang menarik.

    merujuk ayat pertama, eheh. alenia maksudnya. kalau kata guru saya pun demikian, hapalan orang bisa ilang karena kemaksiatan, imam safii pernah kehilangan satu jus karena ga sengaja melihat betis ibu ibu yang tesikap dengan sendirinya.

    ReplyDelete
  34. nyambung silaturahmi lagi, ahahay,,,
    berhubung enggak bisa komen di posting award dari mb Alaika, maka aku komen di sini saja ya mbaksist, hehehe...

    sayang nian, jika sudah berkunjung jauh2, tapi enggak bisa meninggalkan jejak. Nih jejakku. [0] <--niatnya sih mau cap jempol, tapi enggak bisa ya, haha... ^_^

    pamit pulang.
    salam, salam.
    #cium tangan.

    ReplyDelete
  35. itu bnr2 cahaya yg sangat mempesona...
    semoga menjadi penerang dlm perjalanan hidupmu May...

    oya, ada award "Top Komentator" utkmu May, diambil di artikel terbaruku ya..
    kalo udh punya, ambil yg blmnya aja.

    ReplyDelete
  36. Assalamu'alaikum wr.wb

    atas pertanyaan sobat di sakahayang dot com,
    silahkan klik saja link diatas "Tampilkan Alhamdulillah di Akhir Artikel"

    untuk nampilkan bismillah lihat saja di artikel terkait ada link 'Cantumkan Bismillah di Awal Artikel"

    wassalam wr.wb.

    ReplyDelete
  37. Assalamu'alaikum, kunjungn balik maya. :)
    kata-katanya bagus ya, tapi terkadang aku kurang begitu paham dengan kata-kata yang banyak dihiasi bahasa sastra. hehe :D

    semangat terus dalam berdakwahnya.

    ReplyDelete
  38. ini gimana mau komen di postingan baru ya? kotak komentar dikunci cuma di sini yang dibuka...

    ReplyDelete
  39. Assalamualaikum Wr. Wb. Met pagi sori nih baru mampir :) bagi2in dounk uangX :D

    ReplyDelete
  40. setelah dua post terdepan ditutup komennya, akhirnya aku komen disini aja ya mba

    ReplyDelete
  41. bau-baunya seperti mbaksist lagi kena VMJ tho?
    hehe...
    :P

    maap, lagi-lagi, aku malah komen di sini.

    pamit.
    salam, salam.
    #cium tangan.
    ^_^

    ReplyDelete
  42. Aku juga pernah dapat hadiah Al Qur an..., betul Insya Allah jika kita membacanya , pahalanya tidak hanya pada diri kita tapi sang pemberi pun juga akan mendapatkan pahalanya. Senada dengan potongan Paragaf berikut ini :"Ada Allah yang Maha Pengasih yang akan membalasnya. Aku hanya berharap hal itu bisa bermanfaat untukmu. Toh, aku juga bakal dapat pahala karenamu kan? Hehehe. Dan terima kasih untuk setiap do'a yang dilatunkan untukku ya."

    ReplyDelete
  43. waaaah, subhanallah mayaaaaa >,<
    aku juga punya mushaf yg dari semenjak SMA aku ga pernah tinggalkan dia sendirian, aku selalu membawanya walau terkadang lalai untuk sekedar membacanya T.T
    Dia benar2 seperti soulmate bagiku, cahaya diatas cahaya, subhanallah...

    btw, aku kangen kamu tauuuuk :P *kabooor ah*

    ReplyDelete
  44. Salam, menyambung silaturahim di blognya Pinky, kangen dah lama baru bisa hadir disini, alhamdulillah masih diberikan kesempatan BW...
    salah ukhwah ukhty..

    ReplyDelete
  45. Assalamualaikum.
    Salam Ukhti, menyambung silaturahim disini sambil menyimak tentang seberkas Cahaya yang hadir dalam hidup ini....
    Tahiyyatus salaamah..

    ReplyDelete
  46. @Djepret Bercerita menjemput pagi
    Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh :)

    ReplyDelete
  47. @Sobat Bercahaya Alhamdulillah.. Tabaarakallahu Ta'ala.. rasanya pasti jadi ingin memberi terus ^^ yang penting bisa bermanfaat~

    iri =P lakukan dong, lakukan :)
    apa yang dituai, itu yang ditanam
    memberi dan diberi InsyaAllah tidak akan rugi~

    ReplyDelete
  48. @Tebak Ini Siapa ihuk-ihuk =P unaaaa
    aku tahu aku tahu :)

    djepret, ojo ngelembo itu apa ? *hehe

    ReplyDelete
  49. @Arif Khumaidi Subhanallah
    semoga kita lebih bisa bermuhasabah dan memperbaiki diri, semangat!

    ReplyDelete
  50. @hima-rain ho oh, himaaaaa ^^ suka deh
    Alhamdulillah

    ReplyDelete
  51. @Thanjawa Arif MasyaAllah, setuju :)
    harus senantiasa bertaubat kepada Allah dan memperbaiki niat, semoga cahaya itu bisa masuk ke diri kita InsyaAllah. Aamiin..

    ReplyDelete
  52. @cah_kesesi_ayutea InsyaAllah.. Aamiin..
    lucu fit beneran ^^ unyyu~

    ReplyDelete
  53. @Gandi InsyaAllah.. Aamiin.. Allahumma Aamiin..

    ReplyDelete
  54. @NF yes :) soalnya kan manfaatnya luarrrr biasa XD

    ReplyDelete
  55. @Adenia salam kenal :)
    terima kasih sudah berkunjung yaa

    ReplyDelete
  56. @vie_three InsyaAllah, semoga mbak vie juga bisa memilikinya =)

    ReplyDelete
  57. @Stupid monkey iya, senang sekali :)
    tentang siapa, itu r-a-h-a-s-i-a stumon =P out of the record~

    ReplyDelete
  58. @Himi^^ Subhanallah...!!
    menjadi penerang di setiap kelamnya hari-hari kita :)

    ReplyDelete
  59. @Samaranji :(
    berusahalah untuk tetap membacanya
    walau sedikit tetapi kontinu
    ayolah, semangat!

    ReplyDelete
  60. @enha yup :) se-su-a-tu eh bahkan lebih!
    Allahu Akbar!

    ReplyDelete
  61. @halak kita MasyaAllah, Allah Maha Adil. Tak perlu meragukan hal itu.

    ReplyDelete
  62. @Me-@ Zazaha-ha :D iya kak, terbuka nih!
    ehem.. iyaa, hadiah semua ^^
    bingung? nggak apa kakakku~
    masa-masa kakak menjamuku juga merupakan gift yang masyaAllah
    XD

    ReplyDelete
  63. @Ndear ayo memperbaiki diri
    selangkah demi selangkah menuju diri yang lebih baik
    bersemangatlah!!!!
    InsyaAllah, bisa! Allahu Akbar!

    ReplyDelete
  64. @meutia rahmah ehehe bener kak tia :D
    ups, siapa yaaaa *rahasia dong kak =P

    iyyaaa, lucu-lucu uang recehnya :D suka deh. emm, dari luar neger kak ^^

    Aamiin..
    Makasih kak!

    ReplyDelete
  65. @fujiyama astira kegagalan 7 tahun ya lalu...(?)
    ganbatte ne!!
    faito \(-^o^-)/

    ReplyDelete
  66. @cerita anak kost wahhh masyaAllah, memang seperti itu ceritanya :) hehe, aku kurang lengkap nih nulisnya ^^ makasih ya.

    ReplyDelete
  67. @enha ha-ha-ha enha.. bisa aja nih =P
    thank you cap jempolnya
    manis sekali~

    ReplyDelete
  68. @Penghuni 60 Aamiin.. InsyaAllah

    wah award? masyaAllah, makasih ya
    ke TKP nih!

    ReplyDelete
  69. @Tampilkan Alhamdulillah di Akhir Artikel Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

    wahh terima kasih :)
    sampai dibuatkan link, hehe
    =) sip!

    ReplyDelete
  70. @rumambay Wa'alaikumussalam Warahmatullah
    terima kasih kunjungannya :)
    hehe, jadi tulisanku susah dimengerti ya? semoga aku bisa menyederhanakannya di tulisan berikutnya ^^ thanks ya!

    semangat dakwah!

    ReplyDelete
  71. @system of blog Wa'alaikumussalam Wr Wb
    thanks udah mampir zhin
    ups =P uangnya utuh, tak tebagi yee

    ReplyDelete
  72. @enha hah! :o
    er-rrrr, emm.. (menoleh) mungkin
    hahahaha =P

    ReplyDelete
  73. @Djangkaru Bumi MasyaAllah benar sekali :)
    pahalanya akan mengalir juga ke orang yang sudah memberikannya :D

    ReplyDelete
  74. @Shine Shineeeeeeeeeee, kamu kemana aja sih XD ihhh katanya kangen tapi kabooor T__T

    shine.. shine..
    semoga dirimu tetap bercahaya
    baik-baik yaaa saudariku sayang :)

    ReplyDelete
  75. @zaenal blog salam ukhuwah
    terima kasih kunjungannya ya!
    sukses selalu!

    ReplyDelete
  76. @daftar ONH Plus Wa'alaikumussalam Warahmatullah
    semoga cahaya itu akan selalu menerangi hati kita :) Allahu Akbar!

    ReplyDelete
  77. Alhamdulillah, senangnya dapat mushaf baru.
    Semoga seberkas cahaya tetap istiqamah dalam jalan dakwah, ya. Ditunggu ya, Mbak, pengumumannya :)

    ReplyDelete
  78. Ada award nih sekaligus pengumuman Elfrize. Cek, ya, kawan-kawan :)

    http://elfarizi.wordpress.com/2012/10/30/akhirnya-ini-dia-pemenangnya/

    ReplyDelete