Hello, Can You Hear Me?

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Selama mengikuti perkuliahan pada mata kuliah material elektroteknik, saya merasakan kesan yang sangat menyenangkan karena selain cara menjelaskan materinya bagus, saya tidak tertekan selama mengikuti perkuliahannya sehingga membuat suasana lebih rileks dan nyaman.
(D411 11 308)

Saya sangat senang dengan perkuliahan ini karena cara pemberian materi yang kreatif dan aktif, menambah keseruan pada saat kuliah.
(D411 11 294)

Penjelasannya sudah sangat bagus. Tapi masih banyak materi yang belum sempat dijelaskan karena keterbatasan waktu.
(D411 11 011)

Sangat bersungguh-sungguh dalam menjalankan amanah. Tidak sekadar menunaikan kewajiban. Tugas yang diberikan seimbang dengan materi yang dipaparkan. Tidak banyak tuntutan, sehingga mahasiswa bisa mengerjakan tugas dengan ikhlas. Terus dipertahankan! Namun kalau boleh diulangi lagi pada akhir sesi perkuliahan paparan materinya. Supaya mahasiswa dapat mengingat konsep yang diberikan pada hari itu.
(D411 11 006)

Kesan saya, cara mengajarnya itu cukup santai dan tidak membuat mahasiswa tegang sehingga mudah dipahami materi yang diajarkan, meskipun belum semua materi bisa saya mengerti.
(D411 11 260)

Sebaiknya jangan terlalu lembek dengan mahasiswa yang diajar supaya mahasiswa tidak menganggap enteng mata kuliah ini.
(D411 11 314)

kesan pesan selama mengikuti perkuliahan

Sebelumnya saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih karena telah bersedia mengajar. Pun saya memohon maaf sebesar-besarnya atas segala perlakuan saya, baik di dalam maupun luar kelas. Kesannya, sangat berkesan tentunya. Cara mengajar dengan model bersahabat itu merupakan suatu modal besar untuk memberikan satu kata salut. Pesan saya, biasanya seorang penulis memiliki begitu banyak wawasan sebagai modal. Jadi jangan hanya terfokus pada materi kuliah yang dikupas tuntas. Mungkin jauh lebih baik, jika 15 menit terakhir dikhususkan untuk ilmu-ilmu lain yang bermanfaat.
(D411 11 275)

Banyak pengetahuan yang didapat dari metode pembelajaran presentasi perorangan karena secara tidak langsung kita harus mengerti terlebih dahulu materi yang akan kita bawakan.
(D411 11 266)

Cara mengajar sudah bagus karena ada tugas, kuis dan sebagainya. Tapi tolong tegas dalam membagi materi presentasi untuk setiap mahasiswa. Dan supaya semua mahasiswa bisa dapat jatah presentasi, waktu perkuliahannya harus lebih di-manage.
(D411  11 304)

Pesan saya, agar waktu pembelajaran kalau bisa diperpanjang berhubung belum semua materi dipresentasikan sehingga saya kurang begitu memahami materinya secara keseluruhan.
(D411 11 278)

Pertahankan cara mengajarnya serta kembangkan lagi sehingga mahasiswa tidak merasa bosan atau stress mengikuti proses pembelajaran yang diberikan. Hanya saja masih kurang disiplin sehingga mahasiswa tidak terlalu peduli. Bahkan yang berani presentasi hanya tiga orang dari sekian banyak orang.
(D411 11 311)

Menarik karena berbeda dari mata kuliah lain. Cara penyampaian materinya juga mudah dipahami. Intinya, terlihat lebih berkesan dari cara mengajar dosen yang lain. Presentasi individu juga melatih para mahasiswa untuk memberanikan diri berbicara di depan umum. Cara berdiskusi yang digunakan juga melatih untuk mengeluarkan pendapat masing-masing.
(D411 11 111)

Menurut saya kondisi perkuliahannya kurang kondusif karena pembagian satu materi presentasi untuk satu orang. Sebaiknya satu materi presentasi untuk empat orang. Kondisi kelas juga kurang nyaman. Saran saya tempatnya dipindahkan.
(D411 11 256)

Mungkin untuk mata kuliah ini, saya tidak mendapatkan banyak kesan dikarenakan saya jarang masuk kuliah. Namun, dari pertemuan yang saya masuki, saya dapat melihat bahwa metode pengajaran pada mata kuliah ini berbeda dengan dosen lain. Yang ini sangat menyenangkan dan tidak kaku.
(D411 11 282)

Kesan saya, bahwa setiap minggu harus siaga dan memperhatikan presentasi dari teman karena akan masuk dalam soal kuis.
(D411 11 261)

Saya merasa rajin karena cara mengajarnya sangat menarik dan efektif. Tidak tegang, santai dan lucu. Hahaha! Apalagi pemberian nilainya yang sangat jujur.
(D411 11 901)

manajemen waktu

Saya merasa nyaman dengan perkuliahannya. Namun yang saya tidak suka apabila melebihi waktu yang telah ditentukan dalam proses belajar mengajarnya. Seharusnya tidak terdapat penyalahgunaan waktu perkuliahan. Mohon tidak mengambil waktu lain di luar perkuliahan yang telah ditentukan. Sisanya, saya senang mengikuti perkuliahan ini.
(D411 11 107)

Saya kurang paham mata kuliah ini. Setiap tahun saya programkan tapi tidak pernah lulus. Pesan saya, agar kiranya memerhatikan dan mengajarkan material elektroteknik yang bisa dimengerti oleh mahasiswa yang malas dan benci belajar. Maaf sebelumnya.
(D411 08 885)

Selama mengikuti perkuliahan material elektroteknik, saya merasa tidak tertarik dengan sistem dan metode yang berubah-ubah. Apalagi jadwal kuliah yang kesorean, mohon diubah.
(D411 11 317)

Semoga ke depannya waktu kuliah tidak terburu-buru. Lebih tegas dengan absen. Dan yang jarang masuk kuliah, paksa saja presentasi, supaya mereka mau belajar. Lebih diinovasi lagi!
(D411 11 307)

Kesan saya selama mengikuti mata kuliah ini sangat baik dan seru. Walaupun bahannya, jujur, sangat tidak saya sukai, yaitu yang berkaitan dengan kimia. Pesan saya, semoga bisa lebih baik mengatur jadwalnya karena ada yang tidak dapat giliran presentasi.
(D411 11 310)

Metode mengajarnya sangat bagus, kata-katanya mudah dimengerti dan dipahami. Mulai dari sini saya mengerti tentang kimia. Walaupun mungkin tidak terlalu banyak tapi setidaknya ada yang saya pahami setelah lulus dari SMK. Terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi.
(D411 11 252)


Makassar, edisi muhasabah dan tazkiyatun nafs.
Per tanggal 25 Mei 2013 Miladiyah / 15 Rajab 1434 Hijriyah
Dalam evaluasi diri terhadap metode pengajaran yang diterapkan.


24 comments:

  1. komunikasi yang terbina antara presenter dengan audience, menurut saya menjadi kunci sukses pembelajaran secara tidak otodidak.

    ReplyDelete
  2. ketika sudah tertarik, pelajaran yang disampaikan juga akan cepat masuk. itulah modal utama seorang pengajar.

    oh ya kak, izin nyalin tulisannya. nggak aku publish ke blog kok, cuma buat saya simpan di notepad dan dibaca-baca kalau lagi senggang buat nyari inspirasi.

    ReplyDelete
  3. Namanya bersosialisasi dengan banyak ragam type dan karakter manusia, tentu beragam pula rasa yg didapat, maka diperlukan fokus dan konsentrasi tinggi...

    langkah2 itu hanya sebagian kecil dari langkah yang akan dilalui disaat terjun di lingkungan lebih luas.

    Tetap aku ucapin selamat ya May..

    ReplyDelete
  4. Cara bermuhasabah yang jarang dilakukan oleh orang lain.

    ReplyDelete
  5. selalu ada cara untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif, efisien dan berdaya guna buat anak-anak didik kita.. sukses ya !

    ReplyDelete
  6. wow, itu komen dari mahasiswanya kak Maya ya?
    ~,~ mungkin Kak Maya harus lebih tega lagi buat memberikan hukuman.
    Aahh iya, mahasiswa memang suka boring kalo waktu kuliah jadi lebih lama.
    XD

    Semoga bisa menjadi dosen yang lebih favorit lagi kakak. (=3=)

    ReplyDelete
  7. itu kumpulan pendapat dari mahasiswa yang menerima pengajaran dari sang dosen, atau itu adalah kumpulan pendapat pribadi dari Maya :-)

    ReplyDelete
  8. menyukai pelajarannay otomatis lebih mudah menerima semua ilmunya ya

    ReplyDelete
  9. aaahhh...
    kalo elektronok mah bikin puyeng kak. hhaa..

    ReplyDelete
  10. ini tulisan soal apa May, aku ga paham :(

    ReplyDelete
  11. keren! dosennya apa mahasiswanya ya? hihi

    ReplyDelete
  12. ada yang mirip nim saya...jangan2 saya...tik tak tik tak tik tak....(berfikir)

    ReplyDelete
  13. @HP Yitno Benar, metode ngajarnya harus atraktif ^^

    Boleh disalin :) Silakan Hadi. Yang penting kalau mau dipublish, cantumkan sumbernya ya.

    ReplyDelete
  14. @Insan Robbani Iya kak Budhi, beragam pendapat. Kadang-kadang aku kewalahan menanggapinya.

    Makasih kak!

    ReplyDelete
  15. @capung2 Makasih kak! Sukses untuk kakak juga :)

    ReplyDelete
  16. @enhas note Iya, enha. Itu komentar dari mahasiswa yang kelasnya kupegang. Haha ^^ sip, deh! Insya Allah, semoga bisa jadi favorit, hihihi.

    ReplyDelete
  17. @BlogS of Hariyanto Itu kumpulan kesan dan pesan dari mahasiswaku ^^ hehe.

    ReplyDelete
  18. @Annesya Ini kritik saran dari mahasiswaku, nessyaaa ^^

    ReplyDelete