Prakata Tesis


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah. Penulis memujiNya, memohon pertolongan kepadaNya, dan memohon ampunan kepadaNya. Penulis memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan diri dan kejelekan amal perbuatan penulis. Barangsiapa diberi hidayah oleh Allah, tak seorang pun yang sanggup menyesatkannya, dan barangsiapa disesatkan olehNya, tidak seorang pun yang mampu memberikan hidayah kepadaNya. Penulis bersaksi bahwa tiada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah semata yang tiada sekutu bagiNya, dan penulis bersaksi bahwa Muhammad Shallallahu’alaihi wa Sallam adalah hamba dan utusanNya. Amma ba’du.
Alhamdulillah dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala, penulis akhirnya dapat menyelesaikan Tesis yang berjudul Desain Protokol MAC pada Jaringan Ad Hoc Menggunakan Antena Cerdas untuk Aplikasi Radar Pelacak atau Mac Protocol Design of Ad Hoc Network Using Smart Antenna for Tracking Radar Application.
Penulis menyusun Tesis ini dalam rangka memenuhi salah satu persyaratan untuk menyelesaikan Program Strata-2 Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Makassar.
Penulis menyadari bahwa terselesaikannya Tesis ini berkat campur tangan dari berbagai pihak. Memang banyak di antaranya merupakan hasil pemikiran penulis sendiri tetapi banyak pula yang penulis pungut dari tulisan dan tuturan kata orang lain, baik untuk dikutip maupun sebagai bahan untuk diolah lebih lanjut. Untuk itulah penulis ingin berterima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak-pihak yang terkait.
            Bapak ketua program studi Teknik Elektro Pascasarjana Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Ir. H. Salama Manjang, MT. Terima kasih atas setiap motivasi, petuah dan kesempatan yang telah diberikan kepada penulis untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu Program Magister Pascasarjana Universitas Hasanuddin.
Ada masa-masa dimana penulis merasa buntu dan tidak tahu harus melakukan apa. Syukurlah ketika itu terjadi, kecerahan pikiran selalu bisa didapatkan dari Bapak Dr. Elyas Palantei, ST., M.Eng selaku Pembimbing I (ketua) dan Ibu Merna Baharuddin, ST., M.Tel.Eng., Ph.D selaku Pembimbing II (sekretaris). Terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan, arahan dan bimbingannya selama penyusunan dan penulisan Tesis ini.
Kepada segenap tim penguji yang siap sedia memicu adrenalin penulis. Sesuatu yang tidak membunuhmu, membuatmu lebih kuat, bukankah begitu? Karenanya terima kasih yang begitu luar biasa, penulis hanturkan kepada Bapak Dr. Ir. H. Andani Achmad, MT, Bapak Dr. Ir. Zulfajri B. Hasanuddin, M.Eng dan Bapak Dr.Eng. Wardi, ST., M.Eng. Terima kasih atas saran, kritikan dan koreksinya sebagai tim penguji dalam penyempurnaan penulisan Tesis ini.
Tentang waktu, senyum dan ilmu yang terbagi. Terima kasih banyak kepada Bapak Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Tola, M.Eng, Bapak Dr. Adnan, ST. MT, Bapak Dr. Ir. H. Syafruddin Syarif, MT dan Ibu Ir. Zaenab Muslimin, MT yang senantiasa meluangkan waktu untuk memberikan ilmu dan arahan kepada penulis. Tak lupa diringi dengan senyum dan nasihat yang membangun.
Terima kasih kepada yang tak pernah luput mengoreksi dan mengurusi segala administrasi proposal, seminar dan sidang, Ibu Syamsiah selaku sekretaris Pascasarjana Program Studi Teknik Elektro Universitas Hasanuddin, Bapak Suprihadi selaku Kepala Tata Usaha Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin dan Ibu Rosmawati Yanto selaku sekretaris Dekan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.
Cinta adalah energi yang tak terdefinisi. Penulis sangat berterima kasih kepada kedua orang tua penulis yang terkasih, Ayahanda Drs. H. Muh. Zain Taba dan Ibunda Dr. drg. Hj. Barunawaty Yunus, M.Kes., Sp.RKG(K) atas setiap cinta yang terpancar dan doa restu yang teriring. Alhamdulillah, penulis bisa sampai ke titik ini berkat kasih sayang sepanjang masa dari kedua orang tua penulis.
Untuk dan hanya untuk kakak dr. Ekachaeryanti Zain beserta suaminya dr. Indra Sukmana Putra dan adik-adik penulis tercinta, Muhammad Wahyudi Zain si gagah yang menjaga, Ulfa Febryanti Zain si biang ribut yang manis dan Muhammad Rahmat Zain si ganteng yang merajuk. Terima kasih atas canda tawa, ulah usil dan tepukan semangatnya di masa-masa penyusunan Tesis ini. Tanpa itu semua, hari-hari penulis akan begitu berat lagi menyusahkan.
Kepada teman-teman konsentrasi Teknik Telekomunikasi dan Informasi, kak Dina Desriany, ST, kak Mardhiyah Nas, ST, kak Andi Azizah, ST dan Bapak Rusli, ST. Begitu pula kepada teman-teman konsentrasi Teknik Energi Listrik dan Teknik Kontrol, Kendali dan Elektronika yang terhimpun dalam mahasiswa Pascasarjana Teknik Elektro angkatan 2011. Terima kasih telah menjadi teman seperjuangan penulis dalam merintis gelar Master Teknik. Keep on fighting till the end! We are the champions!
Satu sama dengan sama. Itulah slogan yang membuat penulis tetap bersemangat kuliah dan mengenang kisah manis dalam lingkar mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2007 silam. Semasa mengurus Tesis ini penulis banyak mendapatkan nasihat perjuangan dan pantang menyerah dari Julianti Habibuddin, A. Asmi Pratiwi, Nadia Novira, Nirmalasari A. Rerang, Mirna Andriani dan teman-teman Pixel Zer07even tercinta lainnya. Terima kasih banyak.
Dalam periwayatan Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam bersabda, “Seorang mukmin terhadap mukmin (lainnya) bagaikan satu bangunan, satu sama lain saling menguatkan.” Alhamdulillah penulis memiliki saudari-saudari yang selalu mengumandangkan kata semangat, memberikan nasihat dan melantunkan doa untuk kebahagiaan penulis. Kepada Ummu Miqdad, Dina Mariani, Berlianti, Susana Dewi, Rezky Batari Razak, Nurul Kumalasari, Andina Halim, Muhyina Nur, Khaerunnisa Said, Wulan Mayasari, Andi Cempana Sari, Astarina Tambung, Rezkiawaty, Isni Diana Hariyani, segenap akhwatifillah di Forum Ukhuwah Muslimah Makassar, Mukminat 5 dan Kurma 17. Syukran wa jazakillahu khair ukhtayya! Uhibbukifillah.
Kepada para kru dan agen media remaja islami, majalah inspirasi muslim muda Al Firdaus yang tak pernah lelah memberikan aura positif dan senyum ceria di setiap musyawarah bersama penulis. Sebutlah Maryam Ilda, Sukmawaty Rasyid, Aneka Putri Larekeng, Diena Rifa’ah, Kalsum A. Baso, Ita Fitriati, Tasriyani dan Irmawati. Alhamdulillah perjuangan akademik ini tidak menjadi kering kerontang karena ditemani perjuangan dakwah Islamiyah. Khususnya perjuangan di sisi dakwah lewat jurnalistik yang tidak kalah seru dan menantang. Allahu Akbar!
Teruntuk teman-teman yang berselancar di dunia kemilau cahaya emas, terima kasih atas setiap doa dan dukungannya. Beberapa patah kalimat dari Rosmiah, Ria Hidayah, Jiah Al Jafara, Hima Rain, Imajinasi Hari, Insan Robbani, Azura Zie, Wawan Setiawan, Muchlis Zain, Cahya Edi Santosa dan Helmy Hamid begitu membangkitkan asa untuk melangkah maju.
Terakhir, penulis hendak menyapa untuk setiap nama yang tidak tersebut, untuk setiap anonim yang tidak terdeteksi dan untuk setiap doa yang terpancar tanpa sepengetahuan penulis. Terima kasih sebanyak-banyaknya kepada orang-orang yang turut bersuka cita dan riang gembira atas keberhasilan penulis menyelesaikan Tesis ini. Alhamdulillahi wa Tabaarakallahu Ta’ala.
Tentunya sebagai manusia biasa, penulis masih belum memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman dalam topik yang diangkat dalam Tesis ini, begitu pula dalam penulisan Tesis ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu, penulis akan sangat gembira jika menerima berbagai masukan dari para pembaca, baik itu berupa saran maupun kritik yang sifatnya membangun demi penyempurnaan penulisan-penulisan mendatang. Silakan melayangkan tanggapan baik secara langsung maupun tidak langsung.
Harapan penulis, semoga Tesis ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para penuntut ilmu, baik dalam bangku perkuliahan maupun bidang penelitian, guna membina generasi muda penerus bangsa yang lebih berkualitas dan berdaya saing.
Akhirnya kepada Allah-lah penulis memohon agar usaha ini dijadikan sebagai amal shalih dan diberikan pahala olehNya. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa Sallam beserta keluarganya, para Sahabatnya, dan yang mengikuti mereka dengan baik hingga Hari Akhir. Insya Allah. Aamiin.

Barakallahu fiik wa Yassarallahu Umuurakum.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Makassar, 14 Mei 2013

NURMAYANTI ZAIN

52 comments:

  1. Ya Allah... Nama Aya terselip di sana... Subhanallah, bulir-bulir mutiara bening berhasil mendarat dengan penuh syukur dan haru di kedua pipi Aya.. Semoga suatu saat nanti Aya bisa mengikuti kesuksesan Kak Maya... Aamiin..

    Barakallaah Kakak..........
    Selamat Putri Cahaya...

    ReplyDelete
  2. Barakallah Maya...
    Semoga ilmu yang Allah berikan kepadamu bisa membawa kebaikan untuk umat.


    La taqul ful qabla an yashbaha fil makyul

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah... selamat ya dek Maya.. !

    ReplyDelete
  4. Masya Allah prakata tesis yang manis sekali.. beda memang kalo penulis dih. prakatanya begini bagaimana isinya dih hehe.. barakallahu fiik ukh

    ReplyDelete
  5. woo bagus kata2nya menarik. tapi kyk kata pengantar skripsi :P

    ReplyDelete
  6. Selamat ya dah selesai thesisnya. Moga bermanfaat karyanya :)

    ReplyDelete
  7. panjang juga ya, semoga sukses untuk tesisnya :)

    ReplyDelete
  8. mac adrees, berarti pakai jaringan internet ya mbak dengan wifi

    ReplyDelete
  9. sukses semoga segera mendapatkan gelar S2

    ReplyDelete
  10. ane udah cukup S1 aja cz otak ane udah kagak mampu buat sekolah. semoga sukses buat tesisnya

    ReplyDelete
  11. jadi inget masa skripsi ane dulu :)

    ReplyDelete
  12. Allhamdulillah, selamay ya semoga senantiasa bisa berguna untuk umat tulisannya

    ReplyDelete
  13. syukur alhamdulillah ya kak bisa menyelesaikan tesisnya. Tesisnya bergengsi lagi. Ilmunya insyaallah berguna di masyarakat.

    ReplyDelete
  14. alhamdulillah..

    selamat dek..

    ReplyDelete
  15. terimakasih banyak atas informasinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  16. Prakatanya so sweet bgt.. :D
    Anak elektro ilmunya rumit bgt keknya ya.. hihihi
    Selamat ya jeng.. InsyaAllah ilmunya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  17. Nurmayanti Zain, ST.,MT.

    Selamat yah may.....semoga berkah Ilmunya..
    ternyta nama ane terselip diatas..
    Semangat...Semangat...Semangat...,
    KOFTTE...!!!

    Barakallahu fiq ukhti...

    ReplyDelete
  18. Cieee selamat Mbak... keren!

    ReplyDelete
  19. Subhanallah kak may, bentar lagi MT
    Sukses ujian nya sukses smuanya.
    Sampai ketemu di gerbang kesuksesan selanjutnya. Ditunggu undangannya :p #eh

    ReplyDelete
  20. Barakallahu fiik...
    Sukses selalu kak, dunia dan akhirat.
    Semoga bernilai ibadah di sisi Allah, aamiin.

    ReplyDelete
  21. wew, susah ya membedakan ini tesis apa novel, hehehe :)
    sukses ya sama tesis nya :)

    ReplyDelete
  22. alhamdulilah yg mau wisuda!!!! :D
    semangat semangat!!!

    ReplyDelete
  23. Wah, selamat mbak, udah nyelesain thesisnya. Aku sih juga bercita-cita lanjutin s-2 saya!

    ReplyDelete
  24. semoga cahaya atas cahaya selalu menerangi setiap langkahmu menuju pintu kesuksesan...salam :-)

    ReplyDelete
  25. udah slese smua ujin tesisnya, nah lho kok ada namaku hihihi
    selamat ya mb may, barokallah utk setiap langkah positifnya :D

    ReplyDelete
  26. @Ria Hidayah Subhanallah :) Makasih Ayaaa~

    Ayo sekarang giliran aya yang ujian! Semangat yaa aya sayang <3 Barakallahu fiik.

    ReplyDelete
  27. @Insan Robbani Wa iyyakum, makasih kak budhi :) dan untuk kakak juga~ Barakallahu fiik.

    keep on fighting till the end!

    ReplyDelete
  28. @hima-rain Haha :D isinya agak kacau, rin. Banyak kata-kata ta'lewat aneh, aish #Edisiperbaikankosakata

    ReplyDelete
  29. @Catcilku Aamiin... Insyaa Allah..
    Makasih banyak ya.

    ReplyDelete
  30. @covalimawati Rumit bin pusing :D hehehe, Insya Allah. Aamiin... Makasih mbak!

    ReplyDelete
  31. @Khaerunnisa Said Wa iyyaki, nisa ^^ jazakillahu khair. Insya Allah. Aamiin...

    ReplyDelete
  32. @jiah aljafara Barakallahu fiik untukmu juga jiah :) Insya Allah. Aamiin...

    ReplyDelete