Konspirasi Perang Terselubung

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Aku menyapu bahuku dari air hujan yang merintik. Keningku mengernyit, berusaha mencari jawaban, mengapa istana cahaya bisa semendung ini. Bahkan sinarnya telah kalah oleh bulir-bulir air dari proses kondensasi uap di atmosfer. Ada apa gerangan?

Katanya, peradaban manusia es akan bangkit. Katanya, terjadi siklus anomali air berbias cahaya. Katanya, ratu matahari menangis. Beberapa desas-desus itulah yang menguak ke permukaan. Kau tahu, semua hanya bisikan palsu sampai adanya bukti yang menguatkan.

Air Hujan yang Merintik

"Kerajaan menggila! Putri cahaya akan dijadikan selir oleh raja matahari!" seorang pengawal istana mencoba membuka topik pembicaraan.

Beberapa tukang masak istana begitu berminat menyimak prahara yang dicap fenomenal itu. Para ajudan dan penasihat yang turut bergabung dalam lingkaran pun, mengangguk-angguk tak percaya.

"Ee, itukah alasan mengapa putri cahaya bisa begitu bersinar?"
"Maksudmu karena dia selalu didukung oleh pusat tata surya, begitu? Licik!"
"Betul, betul! Padahal orang lain harus berusaha keras untuk sebuah pengakuan."
"Huh, bahkan hanya dengan tersenyum, dia bisa menggenggam kerajaan."
"Lantas bagaimana nasib ratu matahari selanjutnya?"

Oalah, putri cahaya. Ternyata ini semua tentang dia, karena dia. Berapa kali pun didengar, kabar burung itu beneran bikin naik darah. Dan aku harus gigit jari saat tak bisa mengklarifikasi kebenarannya.

Telepon nggak dijawab, sms nggak dibalas, batang hidung nggak kelihatan. Kemana perginya si putri cahaya yang berhasil menggegerkan satu istana itu?

。:゚*【・-・?】*゚:。

"Apa kau benar-benar akan mendampinginya?! Apa kau seburuk itu, hah?! Untuk kasus ini, kau tuh bak parasit yang merusak tatanan istana!" bentakku keras pada putri cahaya yang kini bungkam, wajahnya pias. 

Emosiku memuncak. Tak terkontrol, aku kembali membentaknya, "Kau mikir nggak sih?! Jadi selirnya raja matahari? Huh, nggak banget! Dengkul bodoh!"

"Huwaaa...!!" jerit putri cahaya. Dia menangis, meledak-ledak. Lalu dia melemparkan kertas-kertas yang ada di atas mejanya. Beterbanganlah surat-surat pengakuan, petisi rakyat dan titah kerajaan yang ditandatangani oleh raja matahari.

Apa?!

Aku memungut dan meneliti lembar demi lembar, kertas yang dilemparkan putri cahaya di tengah raungan putus asanya. Dadaku bergemuruh. Pikiranku kacau seketika. Apa aku sudah termakan gosip sedemikian jauhnya?

"Aku berusaha keras ... sama ... seperti yang lain ... ketika hendak mendapatkan pengakuan dari pihak kerajaan," kata putri cahaya terbata-bata.

Aku terdiam, tak mengeluarkan sepatah kata pun.

Dia menyeka air matanya, kemudian berbisik kesal, "...Tapi perasaan raja padaku mengacaukan segalanya! Kau tahu, dia bahkan berniat membuang ratu matahari! Itu ... itu ... argh!! Apa kau bisa bayangkan bagaimana perasaanku saat ini?"

Aku tetap membisu. Perasaanku campur aduk. Apa ini?! Aku seperti didongengkan kisah konspirasi perang terselubung. Kacau, ini benar-benar kacau! Kutatap putri cahaya lekat, sosoknya yang kini merapuh, membuatku semakin mengutuk kebusukan raja.

Dia terisak tak berdaya, "Rasanya mau menghilang saja. Aku tidak tahan lagi. Sungguh! Aku sudah bersiap untuk melarikan diri."

Tanpa sadar, aku langsung memeluknya. Wahai hati, dia tersesat lagi menyesakkan. Semoga ada kemilau cahaya, benang merah, ranting patah, remah roti, atau apapun itu, yang bisa memfokuskan perhatiannya, menjadi petunjuk jalan dan membuatnya keluar dari sini. 

Rasanya Mau Menghilang Saja

"Jangan lari," ucapku lembut. "Setidaknya untuk masa sekarang, kau tidak punya pilihan lain, selain bertahan ketika orang lain dipersulit dengan kemalasan dan kepayahan. Dan sudah takdirmu pula, kau harus bertempur dengan emosi dan sentimen."

Mendengar pernyataanku, putri cahaya hanya diam, tak merespon. Aku meraung padanya, "Lawan dia! Dia hanya raja, bukan Tuhan! Jangan mau didikte olehnya!"

Manik mata putri cahaya membesar. Aku mempererat pelukanku. Aku tidak menjamin dia bisa menyelesaikan masalahnya dengan solusi yang kuberikan. Namun aku menjamin, dia tidak akan sendirian melewati ini semua.

"Ee, gimana kalau aku mendatangkan pangeran cahaya?" celetuk putri cahaya tiba-tiba. "Coba pikir, deh. Misal pangeran dan putri cahaya sudah bersatu, raja pasti nggak bakal mericuh lagi. Solusi cerdas, kan?"

Dahiku mengernyit. Detik berikutnya, kuketuk kepalanya tanpa ampun. Tokk! Serta merta dia meringis perih, "Aw... sakit, tahu!"

"Kau mikir yang nggak-nggak, sih! Emang pangeran cahaya dipungut di kolong jembatan, gitu? Atau dipetik dari kebun istana, gitu? Aish, keberadaannya saja tidak terdeteksi, mau mendatangkannya? Mimpi!"

Putri cahaya cemberut. Melihatnya seperti itu, aku langsung terbahak.

。:゚*【・-・?】*゚:。

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir." (Terjemahan QS. Al Baqarah ayat 286).


Makassar, sesuatu yang tidak membunuhmu, membuatmu lebih kuat.
Tertanggal 18 Mei 2013 Miladiyah / 8 Rajab 1434 Hijriyah.

62 comments:

  1. bertahan ketika orang lain dipersulit dengan kemalasan dan kepayahan....sungguh kalimat yang menyentak kesadaranku..benar-benar menyentak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga setuju, hadir menyapa di pagi hari sobat

      Delete
  2. konspirasi hati dengan putri cahaya atau apa yah...nyimak sambil kerut-kerut dahinya hehe...nice story mis

    ReplyDelete
  3. Aamiin.

    hehehe, kupikir konspirasi apaan nih kak, ternyata konspirasi gosip. Putri cahaya bakalan dipoligami? :v

    "Wahai para dayang dan para prajurit, segera temukanlah Pangeran Cahaya itu untuk Tuan Putri. Supaya Tuan Putri bisa lebih berlega hati."

    ***

    "Wahai Putri, cobalah tuan Putri melihat ke sekeliling Tuan Putri lebih teliti lagi, siapa tahu Pangeran yang dimaksud ada disekitar Putri. Mungkin dia lagi menyamar." #Eh.

    Hihihihi....

    ~absurdity otakku mulai menjalar kesana-kemari, komen ini merupakan hasil penafsiran yang (mungkin) salah, dari cerita yang kubaca di atas. e__e

    ReplyDelete
  4. nonton konspirasi perang terselubung nya sambil ngantuk nih

    ReplyDelete
  5. Belum paham ni, masalah apa, ane baca ulang lagi dulu..

    ReplyDelete
  6. putri cahaya jgn kuatir... sang pngeran itu akan datang nanti pd wktunya..

    ReplyDelete
  7. aamin. wahh jago bkin cerpen juga ni *_*

    ReplyDelete
  8. Menyimak cerita yang menarik Mbak. Kunjungan silaturahmi minggu pgi Mbak.., salam.

    ReplyDelete
  9. Ciyeeeee.. Hayooo, ada apa ini Putri Cahaya? Ha ha ha, Aya mulai menebak yang aneh-aneh Kak :p

    ReplyDelete
  10. ceritanya bagus, butuh penafsiran yg dalam untuk memahami pesan yg ada disalamnya..putri cahaya yakinlah sang pangeran berkuda putih akan segera datang hehe :)

    ReplyDelete
  11. putrinya jatuh dari tebing yang tinggi dan tak bangun lagi... :(

    ReplyDelete
  12. Sang Putri Cahaya hanya pantas dijadikan Permaisuri oleh Pangeran Matahari yang gagah yang kelak menjadi Ratu Pendamping sang Pangeran bila Raja Matahari turun tahta...

    Aish apa sih ini koment gak jelas...

    ReplyDelete
  13. habis ini pangeran cahaya datang menjemput putri cahaya :)
    gosip biar berlalu ya mb may :D

    ReplyDelete
  14. " Setidaknya untuk masa sekarang, kau tidak punya pilihan lain, selain bertahan ketika orang lain dipersulit dengan kemalasan dan kepayahan. Dan sudah takdirmu pula, kau harus bertempur dengan emosi dan sentimen "
    " Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya "
    Hadapi dengan senyum dan ihklas.

    ReplyDelete
  15. Kak.... serius. Aku gak ngerti >_<

    Kok rasanya otakku terputar-putar baca cerita ini?

    ReplyDelete
  16. apakah pangeran dan puteri cahaya akan benar2 bersatu

    ReplyDelete
  17. Al-Baqarah 26 ini salah satu ayat favoritku :)

    Btw ada kuisnya Ila di: http://ilarizky.blogspot.com/2013/05/kuis-berhadiah-oleh-oleh-abfi-2013.html

    Cocok buat Maya, ayuk ikutan :)

    ReplyDelete
  18. konspirasi terselubungnya belum juga sempat dibaca...kebagiannya tengah malem terus mampirnya. gimana nih.

    ReplyDelete
  19. Putri cahaya memang terjepit dengan berbagai kabar. Tapi putri cahaya sepertinya punya keluh kesah yang belum terdengar. maka Tabayyun, cara yang paling keren dalam konfirmasi sesuatu hal.

    ReplyDelete
  20. Putri cahaya.. Siapapun dan dari golongan manapun, sang pangeran cahaya pasti tercipta yang terbaik untukmu.
    Bersemangatlah..!

    ReplyDelete
  21. dicari pangeran untuk putri cahaya!

    :p

    ReplyDelete
  22. Siapa gerangan pangeran untuk putri cahaya tersebut ?

    Salam wisata

    ReplyDelete
  23. aammiinn.....
    ane belum nyambung baca sekali... harus dua kali nih...
    :)

    ReplyDelete
  24. @enhas note enha, you're something ^^ kurasa jiwa wartawannya enha tuh bukan sesuatu yang biasa, it's special dear! :) like it.

    ReplyDelete
  25. @meutia rahmah Insya Allah... Makasih kak tiaa, Aamiin...

    ReplyDelete
  26. @Awan Putih Biar pi awan putih, just another side of me :)

    ReplyDelete
  27. @Mugniar Marakarma Makasih kak niar :) Alhamdulillah saya menang di kuis itu~

    ReplyDelete
  28. @Noorma FMZ Maasyaa Allaah, kak noormaa~ Segera meluncur ke rumah maya mbak :D

    ReplyDelete