Hima Rain : Sebuah Blog Review

Bismillaahirrahmaanirrahiim 

Cerita kali ini meretas dari sebuah kontes unggulan blog review saling berhadapan milik komandan blogcamp. Jujur saja, sebelumnya aku tidak pernah melakukan hal ini. Kalau untuk Kemilau Cahaya Emas sih, sudah cukup sering, bahkan rutin kutelaah. Namun untuk blog kepunyaan orang lain, ini pertama kalinya bagiku. Well, memang harus selalu ada yang pertama bagi setiap hal yang baru kan?

Karena blog review ini sifatnya saling berhadapan, tentunya aku butuh partner untuk bisa join dalam kontes. Setelah melanglang buana di blogsphere, akhirnya aku menemukannya. Siapa dia? Baiklah, tidak perlu basa-basi lagi, telaah blognya akan segera kuhidangkan. Inilah dia, Hima Rain (http://www.hima-rain.web.id/) dalam sebuah blog review.

Header Blog Hima Rain
Header Blog Hima Rain

Dalam analisisku, Hima Rain adalah sebuah blog yang mengupas tentang tutorial handmade, menceritakan rajutan kisah dalam daily muslimah, mengumpulkan foto-foto kelucuan kucing, menampilkan sisi lain dari berkebun, dan menuturkan hal-hal unik seputar Jepang dan Korea.

1. Tampilan Blog Hima Rain
  • Template yang digunakan adalah template standar bawaan blogger yang telah diutak-atik olehnya dengan apik. Terdiri dari dua kolom utama dan tiga kolom tambahan di bagian bawah. Aku pribadi sangat menyukai desain sederhananya. Manis. Soalnya bernuansa pink, ungu dan abu-abu yang dibalutkan dengan background bunga. Plus warna font yang hitam legam di latar putih, membuat pengunjung tidak kesulitan untuk membaca postingannya. 
  • Tampilan Blog Hima Rain
    Tampilan Blog Hima Rain
  • Melirik ke navigasi blognya, terlihatlah kolom Blog Biasaji, Toko Online-ku, Fesbuk Toko Online-ku dan Tutorial Craft. Tahukah apa yang kurang? Laman about me. Aku tidak bisa menemukannya di sana. Padahal itu unsur yang penting loh. Ketika pertama kali berkunjung ke sebuah blog, yang paling membuat penasaran adalah siapa sebenarnya pemilik blog tesebut. Maka akan sangat sempurna, kalau disediakan laman about me. Tapi nggak perlu ngebahas diri dengan panjang lebar dan super duper bertele-tele, sih. Secukupnya saja. Mau about me yang absurd dan ajaib juga nggak masalah.

  • Aku melihat sebuah ruang kosong. Entah sengaja atau nggak sadar. Halaman utama blog hanya menampilkan dua postingan. Dengan jumlah widget di sidebar yang cukup banyak, hal itu menjadikannya timpang. Terus tercipta deh ruang kosong di bawah postingan. Karena aku suka keseimbangan, aku sedikit terganggu karenanya. Bukan apanya, aku kayak lagi nungguin sesuatu, berasa halaman blognya masih loading. Ups, hehehe. Somehow, it feels weird. 
  • Ruang Kosong dan Kursor Himawari
    Ruang Kosong dan Kursor Himawari
  • Yang paling eye catching adalah kursornya. Himawari. Dengan menggunakan aplikasi cursor switch, kursornya lalu memunculkan matahari-matahari kecil. Cantik. Aku jadi sering menggerak-gerakkan kursornya tanpa arah hanya untuk sekedar melihat goyangan sang bunga matahari. Suka sekali.

2. Kinerja Blog Hima Rain
  • Page Rank. Menurut seo stats, blog hima rain sudah punya google page rank 1. Keren. Ini prestasi yang cukup bagus, mengingat hima rain baru-baru ini berganti domain dari blogspot.com ke web.id. Dengan kata lain domain barunya sudah mulai unjuk gigi di blogsphere. Sudah cukup eksis. 
  • Page Rank Hima Rain
    Page Rank Hima Rain
  • Alexa Rank. Lumayan baik walau masih kurang greget. Informasi yang kudapat dari alexa mengatakan seperti ini : Hima-rain.web.id's three-month global Alexa traffic rank is 2,223,691. Roughly 16% of visits to it consist of only one pageview (i.e., are bounces). Visitors to this site spend about two minutes per day on the site and 43 seconds per pageview. Search engines refer about 4% of visits to the site. Hima-rain.web.id has attained a traffic rank of 62,058 among users in Indonesia, where almost all its audience is located.
  • Alexa Rank Hima Rain
    Alexa Rank Hima Rain
  • Page Info. Di dalam seo stats, hima rain tidak memiliki meta keywords. Jadi tidak ada kata kunci khusus yang diarahkan ke blog hima rain. Walau banyak blogger mengoptimasi blognya menggunakan kata kunci pencarian dan aku salah satunya, blog hima rain tidak melakukan hal itu. Blognya bersifat umum tanpa tendensi seo.  
  • Page Info Hima Rain
    Page Info Hima Rain
  • Page Speed. Untuk kecepatan loading pada blog, aku mengujinya di seo stats. Terhitung tidak lambat tetapi tidak cepat juga. Hasilnya menyatakan tiga bintang dari total lima bintang. Page Load Time: 3.04 Seconds. Average, 67% of web pages in the world are faster. If this is your site, perhaps you need to optimize the web site or migrate to a faster server.
  • Page Speed Hima Rain
    Page Speed Hima Rain
  • Index di Search Engine. Ketika menuliskan kata kunci hima rain di google, muncul sekitar 464.000 hasil pencarian. Kabar baiknya adalah blog hima rain tampil di urutan pertama. Laksana memenuhi panggilan alam, blognya sudah menjalin komunikasi baik dengan search engine. 
  • Search Engine Hima Rain
    Search Engine Hima Rain

3. Artikel Blog Hima Rain 
  • Ngomong-ngomong soal artikel, hima rain punya kategori post yang cukup banyak. Hal itu membuktikan artikelnya variatif dan unik. Soalnya, setelah kuhitung, ada sekitar 40 kategori loh. Mau tahu apa saja? Ini dia nih kategorinya : diary, infoku, Giveaway, my creation, Tutorial for blog, 日本の事, kucing, desainku, hima the explorer, Ad-dienul Islam, Masih tentang Skripsi, lirik lagu, drama korea, film, MOTIVASI, kegiatan, kesehatan, kontes blog, Airin Handicrabby, award, drama jepang, novel jepang, ひまわりの日, gardening, novel, winner, Resolusi Juara, dongeng jepang, firmoo, for muslimah, hadits, kotowaza, puasa, tanam-menanam, tanaman, the first, tugas kuliah, wisuda.

  • Dengan kategori yang banyak, tentunya diiringi dengan jumlah postingan yang banyak pula. Dan ternyata benar, blog hima rain terupdate dengan cukup baik, walau tidak terbilang rutin. Setidaknya tiap bulan pasti ada tulisan yang mengalir. Tercatat dari tahun ►2010 (46)  ►2011 (169)  ►2012 (92)  ►2013 (34).


4. Kesan terhadap Pemilik Hima Rain
Profile Hima Rain
Profile Hima Rain
Dilihat dari gaya tulisannya, hima rain itu dominan polos, begitu sederhana dan rada cuek. Kalau nggak efisien, dia nggak bakal menuliskan sesuatu secara panjang lebar, itu membuatku sadar kalau sifatnya nggak neko-neko. Malah kadang dia menyalurkan pikirannya hanya dengan dua paragraf yang blak-blakan, jujur dan apa adanya. Tulisan-tulisan singkat yang kerap menggugah hati. Aku suka.

Dalam suatu kesempatan, aku pernah bertemu langsung dengannya. Well, tidak banyak yang bisa kuceritakan, selain dia memang seperti tulisannya. Plus ternyata dia seorang pengendali mood yang bisa mencairkan kekakuan. What a wow! Pasalnya, di kali pertama aku bertemu dengannya, dia bisa dengan mudah membuatku bercerita bebas, sebebas-bebasnya. Lugas. Aku bahkan tidak perlu merasa sungkan padanya.

Jadi hima rain itu kalau disimbolkan dengan sesuatu, mungkin memang layak disandingkan dengan matahari dan hujan. Ya, aku merasakannya. Hima dari kata bahasa jepang himawari (bunga matahari, red) yang menceriakan dan rain dari bahasa inggris (hujan, red) yang meneduhkan. Bagiku, dia sosok kawan yang berharga.

5. Saran untuk Hima Rain
Apapun yang terjadi, tetap menulis ya! Kalau sedang nggak mood, ingat-ingatlah aku, seseorang yang dengan suka cita akan membaca tulisan di blog hima rain. Apalagi postingan tutorial flanelnya. Mantap. Aku selalu menjadikannya sebagai referensi untuk membuat kreasi flanel. Dan tahu tidak, desas-desusnya, di search engine google lagi marak kata kunci tentang flanel. Jadi selain berbagi ilmu, postingan berbau flanel bakal meningkatkan rating blog. Sekali dayung, dua-tiga pulau bisa terlampaui. Keren kan?

Demikian ulasanku tentang Hima Rain dalam sebuah blog review. Perlu diingat, ini hanya sebatas penilaianku saja, yang notabene merupakan buah pemikiran dari satu orang, bukan kelompok, bukan generalisasi. Seperti kata Einstein, mutlak, ini relativitas. Kalau ada hal-hal yang kuanggap bagus, atau ada hal-hal yang kuanggap aneh, itulah penilaianku. Dan karena setiap orang punya penilaiannya sendiri, maka sikap bijak sangat diperlukan di sini. Well, let's respect each others ^^






53 comments:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. Wuaaaa.. Kak Aya mau dong direview, hikshiks

    ReplyDelete
  3. kereeen, smoga menang ya May ^_^

    ReplyDelete
  4. Reviewnya komplit...plit...
    kayanya bakal berjaya nih...
    sukses

    ReplyDelete
  5. woww... luar biasa reviewnya.. sukses ya dek GA-nya !

    ReplyDelete
  6. btw sejak kpn blog ini jadi .com ya?? ga sadar aq hehehe.
    itu yang pke .web.id udah sjk kpn ga aktif?? aq kunjungi udah ga bisa.

    kunjung balik ya :)

    ReplyDelete
  7. hehehehe ga sama sekali.
    knp di suspend??

    btw thanks udah kunjung balik :)

    ReplyDelete
  8. ohh telat bayar / ga ada uang buat bayar / ga mau bayar karena males di pake??

    ReplyDelete
  9. lah kan ada notifnya di email.
    ga nerima atau udah ga buka emailnya.

    ReplyDelete
  10. alhamdulillah terindex google. selamat ya himawari. gd blog rivew ini blogger lain jadi tahu himawari. jadi sekarang mesti ke TKP. menarik

    ReplyDelete
  11. komplit bgd May, smoga sukses ya lombanya :)

    ReplyDelete
  12. iri rasanya liat blog lain udah dapet page rank. blog saya kapan ya dapet page rank nya? ke blog saya donk kickymaulana.com

    ReplyDelete
  13. komplit! keren reviewnya., aq mau donx di review

    ReplyDelete
  14. top banget reviewnya. lengkap banget tuh menunya hihi.
    sukses yaa mbak GAnya :)

    ReplyDelete
  15. Kalau blog aku sepertinya berantakan

    ReplyDelete
  16. datang untuk kunjungan di blog sobat, saat ini saya akan sedekah di blog sobat, izin klik semua iklannya gan, membalas kebaikan agan. terima kasih. sukses selalu dan mari kita jaga silaturahmi

    ReplyDelete
  17. Reviewnya lengkap sekali... Plus ada saran yg membangun juga.. Good point.

    ReplyDelete
  18. Reviewnya komplit mbak, paket lengkap dah :)

    ReplyDelete
  19. mantap niih reviewnya ;)

    keknya samaan dengan saya, setidaknya setiap bulan ada postingan xixiix

    ReplyDelete
  20. Aku belum tahu nih bisa ikutan kontes yang satu ini apa gak ya? Bikin reviewnya itu looo... hehehe

    ReplyDelete
  21. Wow... reviewnya mantap bener! Lengkap dan detil..
    Sepertinya menulis review hal yang simpel ya? Padahal aku justru gak PD hehee
    Gudlak utk kontesnya ya?

    ReplyDelete
  22. review nya jelas n lengkap banget nh.. hehehe

    sukses ya di kontesnya :)

    ReplyDelete
  23. aku tertarik dengan headernya bagus banget ada kupu-kupunya

    ReplyDelete
  24. ^^ senangnya baca review maya, ngalir. thanks saran2mu maya. akhirnya bisa juga buka blogmu ini.. susah kuakses brp hari ini. sudahma bikin review blogmu ehehehehe

    ReplyDelete
  25. Ini review udah seperti mengupas lapisan kulit bawang sampai bentuknya kecil. *geleng-geleng*

    ReplyDelete
  26. @Shohibul Kontes Blog Review Terima kasih kembali pakdhe :)
    Salam hangat dari Makassar

    ReplyDelete
  27. @L Shafyang mana nggak bisa diakses? memang katanya web.id punya hima rain bakalan suspend. Kalau domain punyaku sudah sejak tahun lalu jadi .com nggak nyadar ya ^^

    ReplyDelete
  28. @L ShafKan masa domain itu cuma satu tahun. Mesti diperpanjang kalau masih mau dipakai. Nah beberapa hari lagi habis masanya, jadi kalau telat bayar, bakal kena suspend L.

    ReplyDelete
  29. @L ShafTidak dua-duanya. Alasannya sederhana, lupa.

    ReplyDelete
  30. @kickymaulana ehm yang penting rutin menulis, insyaa allah page rank bakalan muncul kok!

    ReplyDelete
  31. @.: diah :. yes ^^ setidaknya dijadikan kebiasaan~ walaupun cuma satu. hoho!

    ReplyDelete
  32. @the others simple sih nggak juga, soalnya jatuhnya kan ke opini, mbak :) rada-rada ribet but fun loh!

    Makasih mbaak ^^

    ReplyDelete
  33. @hima-rain baah, error ki server domainku rin :(

    toki doki oke ^^ meluncuur~

    ReplyDelete