Aku Beristikharah kepadaMu

Bismillah

Kuasa Allah
Ya Allah, aku beristikharah kepada-Mu

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al Bukhari dari Jabir Radhiyallahu 'anhu, ia menuturkan : Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam mengajarkan kepada kami istikharah dalam segala perkara sebagaimana beliau mengajarkan surah Al-Qur'an : 

Jika salah seorang dari kalian menghendaki suatu perkara, maka shalatlah dua rakaat dari selain shalat Fardhu, kemudian hendaklah mengucapkan :

"Ya Allah, aku beristikharah kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku meminta penilaian-Mu dengan kemampuan-Mu dan aku meminta kepada-Mu dari karunia-Mu yang sangat besar. Sesungguhnya Engkau kuasa sedangkan aku tidak kuasa, Engkau mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui dan Engkau Maha Mengetahui perkara-perkara yang ghaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui perkara ini lebih baik bagiku dalam urusan agamaku, kehidupanku, dan kesudahan urusanku -atau urusan dunia dan akhiratku- maka putuskanlah dan mudahkanlah urusan ini untukku, kemudian berkahilah untukku di dalamnya. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa itu buruk bagiku, baik dalam urusan agamaku, kehidupanku maupun kesudahan urusanku -atau urusan dunia dan akhiratku- maka palingkanlah ia dariku dan palingkanlah aku darinya serta putuskanlah yang terbaik untukku dimanapun berada, kemudian ridhailah aku dengannya."

Dan hendaklah ia menyebutkan hajatnya.

(HR. Al-Bukhari)